Gangguan Satelit Sebabkan Ribuan ATM Perbankan Tak Berfungsi

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Sejak Jum’at (25/08) fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) mengalami gangguan pada perbankan Indonesia, tak terkecuali di Lampung. Secara nasional, sekitar 8.800 ATM bank tidak berfungsi disebabkan transponder satelit Telkom 1 mengalami gangguan.

 
Gangguan Satelit Sebabkan Ribuan ATM Perbankan Tak Berfungsi
Foto Ilustrasi. Sumber: Twitter
Salah satu warga Gunung Terang Bandar Lampung Hari Prianto mengatakan pada Minggu (27/08/2017), ia mengalami masalah penarikan tunai pada ATM Bank BCA. 

“Mati semua mas, padahal saya lagi butuh uang untuk keperluan rumah. Saya menyisir ATM dari jalan Pagar Alam kemudian Zainal Abidin Pagar Alam namun tak satu pun yang berfungsi. Saya atasi dengan berbelanja di Indomaret atau Alfa Mart supaya bisa tarik tunai” ucap Hari

Ramai diberitakan di media nasional gerai-gerai ATM banyak mengalami gangguan. Gerai BCA sebanyak 5.000 ATM dan 100 kantor kas, ATM Mandiri sebanyak 2.000 ATM, BNI sebanyak 1.500 ATM dan BRI sebanyak 300 ATM. ATM BRI relatif tidak terganggu karena sudah menggunakan satelit sendiri yaitu BRISat.

Melalui siaran pers Bank Indonesia menyatakan permasalahan layanan pada beberapa ATM bank yang terjadi sejak Jum’at (25/08/2017) disebabkan oleh adanya anomali pada satelit Telkom-1. Saat disiarkan rilis tersebut bank-bank yang mengalami gangguan pada ATM bersama Telkom sedang melakukan pemulihan dengan mengalihkan koneksi dari satelit yang mengalami gangguan ke satelit Telkom 3S atau lainnya.

Bank Indonesia selaku otoritas Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah terus memantau perkembangan pemulihan gangguan dan berkoordinasi dengan perbankan dan lembaga terkait. BI menegaskan dukungannya terhadap perbankan dalam melayani transfer dana masyarakat dengan memastikan sistem Bank Indonesa Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) berjalan dengan normal. (gsu)
Diberdayakan oleh Blogger.