Garuda Muda Siapkan Kado Bagi Rakyat Indonesia di Laga Pembuka

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Timnas sepakbola Indonesia akan melakoni laga perdana di grup B Sea Games Malaysia 2017 sore ini. Evan Dimas dkk akan berjibaku menghadapi peraih emas Sea Games sebelumnya yakni Thailand.

Garuda Muda Siapkan Kado Bagi Rakyat Indonesia di Laga Pembuka www.katalampung.com
Foto: Hasil Drawing Group A dan B Tim Sepak Bola Sea Games 2017. Dok. goal.com
Laga yang akan di helat di Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia mulai pukul 15.00 itu menjadi pertaruhan sang pelatih Luis Milla. Pelatih berdarah Spanyol itu sebelumnya gagal membawa timnas U-23 lolos kualifikasi piala asia.

Melihat catatan sejarah, Thailand merupakan raja medali emas di cabang sepakbola dengan torehan 13 medali sejak tahun 1977. Oleh karena itu, timnas Merah Putih diharapkan dapat cepat panas dan tidak lengah menghadapi serangan Thailand.

Histori Indonesia di laga pembuka juga di harapkan dapat kembali menuai hasil manis. Dimana dari 13 laga pembuka, Indonesia mampu meraup 9 kemenangan.

Sedangkan pertemuan di laga terakhir saat kualifikasi Piala Asia Juli lalu, Indonesia dan Thailand hanya bermain imbang 0-0 meski kedua tim saling menyajikan serangan cepat.

Grup B bisa di sebut grup neraka, karena jika Indonesia ingin lolos ke fase berikutnya harus mampu melewati hadangan negara lain seperti Thailand, Vietnam, Timor Leste, Filipina dan Kamboja.

Dari segi persiapan, garuda muda sudah menjalani 8 laga uji coba sejak di bentuk bulan April lalu.

Di laga nanti, masyarakat Indonesia tentunya berharap pemain naturalisasi Ezra Wallian dapat menunjukkan tajinya. Pengalaman berkompetisi di benua Eropa tentunya menjadi modal bagi lini serang Indonesia.

Selain Ezra, Luis Milla juga mempunyai beberapa pilihan pemain macam Saddil Ramdani, Febri Hariyadi, Yabes Roni yang mempunyai skill individu di atas rata-rata. Untuk gelandang serang persib Febri Hariyadi juga di harapkan menunjukkan konsistensi seperti saat mencetak hattrick melawan PS TNI di liga.

"Kami tahu sekuat apa permainan tim lawan, yang jelas dalam pertandingan ini kami tidak menghadapi tim yang lemah. Mereka tim bagus yang memiliki kerja sama yang sangat baik. Kami harus terus menekan dan bekerja ekstra keras untuk bisa menang," ujar Febri seperti dikutip dari bola.com

Di lini tengah, tenaga sang kapten Evan Dimas Darmono di harapkan dalam kondisi prima sebagai jangkar antara lini pertahanan dan serangan. Di sisi tengah, nama Muhammad Hargianto dan Septian David Maulana di prediksi juga mengisi line up utama.

Sedangkan di sisi pertahanan duet bek tengah Hansamu Yama Pranata dan Ricky Fajrin akan menjadi penghalang thailand untuk mencetak gol. Untuk posisi kiper, Luis Milla akan menurunkan penjaga gawang milik persiba Balikpapan yakni Kurniawan Kartika Ajie.

Sementara bagi Thailand, tidak banyak perubahan di skuatnya. Salah satu yang sempat menjadi buah bibir yakni naturalisasi bek asal Swedia, Kevin Deeromram. Pemain kelahiran Stockholm itu pernah membela Timnas Swedia U-17 dan U-19.

Jika berhasil memetik kemenangan di laga nanti, tentunya menjadi modal berharga timnas untuk menjalani 4 laga berikutnya. Selain itu, kemenangan juga akan menjadi kado HUT Proklamasi Indonesia 17 Agustus mendatang. (aoy)

Prakiraan pemain:

Timnas Indonesia (4-3-3)

Kurniawan Kartika Ajie (kiper); Gavin Kwan Adsit, Hansamu Yama Pranata, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanussa (belakang); Muhammad Hargianto, Septian David Maulana, Evan Dimas Darmono (tengah); Febri Hariyadi, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar (depan).

Pelatih: Luis Milla

Thailand U-22 (4-2-3-1)

Nont Muangngam (kiper); Saringkan Promslipa, Shinnaphat Leeaoh, Rattanakorn Maikami, Suriya Singmui (belakang); Worachit Kanitsribumphen, Nopphon Phonkam, Chaiyawat Buran, Phitiwat Sookjitthammakul, Sasalak Haiprakhon (tengah); Chenrop Samphaodi (depan).

Pelatih: Srimaka Worrawoot
Diberdayakan oleh Blogger.