Malam Ini Penentuan Enam Besar Seleksi Bawaslu Lampung

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Malam ini, Rabu (23/8), diagendakan pengumuman hasil seleksi calon anggota Bawaslu Lampung. Sebelumnya, sudah lolos 12 orang untuk mengikuti seleksi wawancara. Kemudian Tim seleksi telah memilih 6 orang yang dinyatakan lolos seleksi wawancara.

Malam Ini Penentuan Enam Besar Seleksi Bawaslu Lampung
Dok. Timsel calon anggota Bawaslu Lampung

Demikian disampaikan oleh Robi Cahyadi, Sekretaris Tim Seleksi Bawaslu Lampung saat konfirmasi Katalampung.com. Dikatakan Robi, enam nama yang lolos juga akan diumumkan di media massa besok. "Nanti malam rapat pleno penentuan 6 besar. Besok baru disiarkan ke media cetak dan web resmi Bawaslu Lampung. Kalau sekarang nilainya masih rahasia tim seleksi," ujar Robi.

Ditambahkan Robi, setelah rapat pleno penentuan calon, pada 29 Agustus Tim Seleksi akan menyampaikan laporan akhir ke Bawaslu RI. "Nah kalau waktu pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan di Bawaslu pusat, mungkin awal September. Nanti disaring lagi menjadi tiga orang," ungkap Dosen Fisip Universitas Lampung itu.

Dari semua tahapan tes, dikatakan Robi, sudah berjalan dengan baik. Pihaknya pun memberikan masukan kepada Bawaslu RI,. Supaya tes tertulis dengan sistem CAT (computer asistant test) agar bisa diteruskan. Menurutnya, sistem tersebut sangat baik karena mampu menghindari kecurangan karena nilai transparan dan tidak bisa dimanipulasi.

"Karena akan langsung terlihat setelah test selesai. Masukan lainnya, Pelibatan test kesehatan dan psikologi hasil kerjasama bawaslu RI dan Polri, juga sudah sangat baik karena bersifat rahasia dan independen," sambung dia.

Meyikapi gugatan beberapa elemen masyarakat yang mempertanyakan masalah dua orang yang lolos tes Bawaslu Lampung, Robi Cahyadi mengatakan bahwa pihaknya telah dilakukan verifikasi melalui uji publik dan laporan masyarakat.

Laporan masyarakat tersebut, lanjut Robi, telah dikonfrontir dan diklarifikasi oleh pihak yang bersangkutan pada saat sesi wawancara, dan mereka juga diminta untuk melampirkan bukti-bukti pendukung terhadap argumen yang mereka berikan.(gsu)
Diberdayakan oleh Blogger.