Menghadapi Kamboja, Timnas U-22 Wajib Menang

KUALA LUMPUR, katalampung.com - Memenangi pertandingan terakhir sore kontra Kamboja menjadi harga mati bagi perjuangan Timnas Sepakbola U-22 Indonesia di Sea Games 2017 Malaysia di grup B. Bahkan lebih dari itu, jika tak ingin bergantung pada hasil pertandingan Thailand kontra Vietnam maka Evan Dimas dkk minimal harus menang dengan selisih tiga gol.

Menghadapi Kamboja, Timnas U-22 Wajib Menang
Klasemen Sementara Group B Sea Games 2017. sumber: Indosport.com

Laga yang akan berlangsung sore ini pukul 15.00 wib di stadion Shah Alam, Selangor , Malaysia, itu memang di prediksi bakal milik Garuda Muda. Karena di atas kertas mereka lebih unggul baik dari segi kualitas individu maupun tehnik permainan tim.

Tapi bukan berarti pertandingan akan berjalan mudah. Faktor nothing to lose atau bermain tanpa beban bakal memberi efek kejut yang tak terduga jika tak di waspadai.

Timnas Kamboja yang hingga saat ini menghuni juru kunci klasemen grup B juga tak ingin pulang tanpa raihan poin sama sekali. Meski hingga saat ini mereka hanya mampu mencetak satu gol dan berbanding terbalik dengan jumlah kemasukan yang mencapai sepuluh gol.

Sementara itu, kabar baik menghampiri timnas Indonesia. Evan Dimas, Jenderal lini tengah mereka di pastikan siap tampil setelah menjalani sanksi larangan bermain akibat akumulasi kartu kuning.

“Luis Milla tadi mengingatkan Kamboja juga merupakan tim bagus, kita harus respek terhadap mereka. Lagi pula mereka tidak mau kehilangan muka di laga terakhir,” sebut Bima Sakti jelang laga esok (hari ini,red) seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Lebih lanjut eks kapten timnas Indonesia itu menjelaskan bahwa pelatih Luis Milla juga ingin menjadikan kesempatan ini sebagai untuk bisa cetak sejarah. Pelatih asal Spanyol tersebut meminta pemain untuk tidak surut semangatnya dan semua harus tetap bertekad untuk terus berjuang sepanjang pertandingan.

Kendala cedera pemain yang di alami oleh kiper Satria Tama yang di perkirakan tak bisa tampil juga sudah di antisipasi, diantaranya dengan mempersiapkan pendaftaran calon kiper baru ke panitia. Pemain yang dipersiapkan yakni Dicky Indriyana yang berasal dari Bali United.

“Kalau memang bermasalah kita harus ganti dengan Dicky Indriyana. Satria sudah tidak ada masalah. Apabila Satria tidak bisa, kami akan daftarkan Dicky. Siang ini akan kami pastikan kepada dokter tim karena proses pendaftarannya membutuhkan waktu,” lanjutnya.

Tak bisa tampilnya pemain juga menghampiri nama Rezaldi yang mengoleksi dua kartu kuning dan Hanif Sjahbandi yang mendapat kartu merah. Untuk itu rotasi akan dilakukan selain memilih pemain dengan stamina paling prima.

“Kalau Rezaldi tidak main, masih ada Ricky. Kemarin Ricky memang sakit jadi tidak bisa bermain. Mudah-mudahan besok (hari ini) bisa bermain. Selain itu Putu Gede juga mengatakan dia siap bermain di kiri karena di kanan Gavin juga bisa bermain,”

Untuk berjuang demi mencetak banyak gol, duet Marinus Manewar dan Ezra Wallian bisa saja dimainkan sejak menit awal. Mereka bisa ditopang oleh sayap lincah Saddil Ramdani disisi kiri dan Septian David di kanan. Sedangkan Yabes Roni, Febri Heriyadi dan Osvaldo Haay bisa menyambung tenaga timnas di babak kedua.

Belum lagi menengok rekor pertemuan Indonesia lawan Kamboja yang cukup manis. Dimana dari 21 laga yang pernah di jalani, Indonesia berhasil mengantongi 17 kemenangan, dua kali imbang, dan dua kali kalah di Sea Games 1973 dan 1977.

Khusus untuk tiga pemain yakni kapten Hansamu Yama, I Putu Gede, dan Febri Heriyadi juga memiliki catatan khusus agar bermain cermat dalam mengendalikan emosi. Ketiganya di ketahui sudah mengantongi kartu kuning saat lawan Vietnam. Tentu akan menjadi kerugian kembali jika mendapat kartu kuning di laga nanti karena bakal mendapat akumulasi kartu yang berujung pada sanksi larangan tampil dipertandingan selanjutnya.

Prakiraan Formasi Indonesia vs Kamboja:

Indonesia (4-4-2)
Kartika Aji (GK): Gavin K, Hansamu Yama (C), Ricky F, Andy Setyo(belakang); Evan Dimas, Hargianto, Saddil R, Septian David(tengah); Ezra W, Marinus Wanewar(depan)
Pelatih : Luis Milla


Kamboja (4-3-3)
Kamboja: Rath (GK); Barating, Nen Sothearoth, Borey, Visal(Belakang), Chanchav, Polroth, Pidor(tengah), Vandeth, Samnang, Sodavid(depan)
Pelatih : Leonardo Vitorino



Rekor 6 Pertemuan terakhir Indonesia vs Kamboja di SEA Games:

06/12/95 Indonesia 10-0 Kamboja SEA Games 1995
31/07/99 Indonesia 1-0 Kamboja SEA Games 1999
02/12/07 Indonesia 3-1 Kamboja SEA Games 2007 
07/11/11 Indonesia 6-0 Kamboja SEA Games 2011 
09/12/13 Indonesia 1-0 Kamboja SEA Games 2013 
06/06/15 Indonesia 6-1 Kamboja SEA Games 2015
Diberdayakan oleh Blogger.