Arie Sarjono: Pengembang Nasional Bidik Pasar Properti Lampung

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Isu melemahnya daya beli masyarakat berdampak pada berbagai sektor ekonomi. Tidak terlepas pada sektor properti yang juga terkena dampak langsung. Meski demikian pengusaha sektor Properti di Provinsi Lampung tetap optimis kondisi ini akan segera membaik.

Foto: Arie Sarjono Idris, Owner El'biruni Residence

Arie Sarjono Idris, seorang pengusaha properti memprediksi pada tahun 2019 sektor Properti di Lampung akan mencapai titik puncaknya. Dia meyakini bahwa sektor properti memiliki siklus tujuh tahunan untuk mengalami pemulihan.

Saat ditemui di kantornya di Bandarlampung, Arie mengatakan bahwa saat ini beberapa pengembang nasional tengah membidik pasar Properti di Lampung.

“Group Lippo, Ciputra dan lainnya kini sudah mulai masuk ke Lampung, artinya mereka memiliki perhitungan sendiri tentang prospek sektor Properti di Lampung,” kata Pemilik El’biruni Residence ini.

Lebih lanjut Arie mengatakan, meski kini sektor properti tengah lesu, tetapi lihat saja para pengembang akan tetap membeli lahan. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan masa booming sektor Properti di tahun 2019 mendatang.

Selain itu, menurut pengalamannya dilapangan, terdapat perbedaan karakteristik pembeli properti di Lampung dan Jakarta. Untuk mengatasi perbedaan karakteristik tersebut, pengembang memiliki strategi masing-masing dalam pemasarannya.

Saat dikonfirmasi apakah penurunan Suku Bunga Acuan Bank Indonesia (BI 7-day (Reverse) Repo Rate ) akan memberikan dampak positif pada sektor properti, Arie mengatakan bahwa hal tersebut tentu akan berdampak positif. Hanya saja, pemerintah juga perlu untuk memperhatikan sisi pengembang untuk mendorong pertumbuhan di sektor Properti.

“Untuk melakukan percepatan pertumbuhan di sektor Properti, setidaknya ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh pemerintah. Pertama, penurunan suku bunga kredit. Kedua, adanya program pembiayaan tanah, dan ketiga penurunan tarif pajak,” tutup Ari. (gsi)

Diberdayakan oleh Blogger.