Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Gelar Pelatihan Kearsipan

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menggelar pelatihan kearsipan kepada 500 pelajar SMA, SMK, dan MA se-Provinsi Lampung di GSG SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Selasa (05/09). Menurut Kepala Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Herlina Warganegara, sosialisasi ditargetkan mampu meningkatkan kemampuan pelajar menata arsip dari diri sendiri (personal arsip). 

Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Gelar Pelatihan Kearsipan
Foto: 500 pelajar SMA, SMK, dan MA se-Provinsi Lampung di GSG SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Selasa (05/09). Dok. Humas Prov.
Kearsipan sendiri, diutarakan Herlina, merupakan salah satu program yang dicanangkan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo dalam membangun dan memperbaiki Pengelolaan Arsip di Provinsi Lampung.

Pada acara ini, Yustin Ficardo memberikan dua pertanyaan berhadiah dua buah sepeda bagi siswa yang dapat menjawab dengan benar. Salah satu siswa yang mendapatkan hadiah sepeda, Putri Aprisia, mengatakan bahwa kegiatan yang dia ikuti diakuinya sangat bermanfaat.  Dia jadi mengerti bagaimana untuk menjaga dan menyimpan surat-surat berharga. Supaya saat diperlukan tidak bingung mencari arsip seperti rapor, ijazah, dan piagam.

Sementara itu, menurut Duta Baca Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo, tujuan utama dilakukannya sosialisasi student file pelajar adalah untuk mengenalkan sejak dini kepada pelajar agar mampu memahami pentingnya arsip. Yustin mengajak seluruh pelajar untuk mampu mengelola arsip dengan baik.

"Sejak usia dini kita menyimpan arsip dengan baik. Tujuannya supaya mudah dalam mencari arsip penting yang kita butuhkan. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal terburuk seperti kehilangan arsip-arsip penting," kata Yustin.

Terpisah, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bandarlampung, Jumani Darjo menyampaikan antusias yang tinggi atas kegiatan pelatihan kearsipan bagi pelajar.  Dia menilai, Output dari kegiatan tersebut yaitu mampu meningkatkan wawasan pelajar tentang pentingnya kearsipan. Pasalnya, Pengetahuan seperti ini tidak didapatkan para pelajar di sekolah. (rls)
Diberdayakan oleh Blogger.