Korem 043 Garuda Hitam (Gatam) Adakan Nobar G30S/PKI

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Sesuai instruksi Jenderal Gatot Nurmantyo, KOREM 043 Garuda Hitam menyelenggarakan acara nonton bersama (nobar) film Pemberontakan G30S/PKI di ruang bioskop KOREM 043 Gatam, Kedaton, Bandarlampung, Jum’at (22/09). Pemutaran film yang berlangsung ba'da ibadah Sholat Jum'at itu dihadiri oleh internal TNI dan beberapa masyarakat sipil.

Korem 043 Garuda Hitam (Gatam) Adakan Nobar G30S/PKI
Foto katalampung.com - Nonton bareng (nobar) film pemberontakan G30S/PKI di ruang bioskop Korem 043 Gatam, Kedaton, Bandarlampung, Jum'at (22/09).

Menurut Danrem 043 Garuda Hitam Kolonel Infantri Hadi Basuki S.Sos, M.M, tujuan diselenggarakan acara ini untuk menyadarkan kita agar tidak lupa bahwa Indonesia pernah memiliki sejarah kelam pemberontakan yang dilakukan oleh PKI (Partai Komunis Indonesia).

Menurutnya, hal itu sudah sesuai TAP MPRS nomor 25 tahun 1966 (tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia, Pernyataan Sebagai Organisasi Terlarang Diseluruh Wilayah Negara Republik Indonesia Bagi Partai Komunis Indonesia dan Larangan Setiap Kegiatan Untuk Menyebarkan Atau Mengembangkan Faham atau Ajaran Komunis/Marxisme-Leninisme, Red) bahwa ideologi selain Pancasila tidak boleh eksis.

Menurut pantauan katalampung.com, film yang diputar tersebut adalah versi lulus sensor kekerasan sehingga durasinya lebih pendek dari sebelumnya, tetapi tidak mengurangi subtansi dari pesan yang ingin disampaikan.

Lebih lanjut Danrem mengatakan, TNI selalu mengantisipasi dan mewaspadai tumbuhnya paham yang dapat mengancam kedaulatan NKRI. Dan menghimbau masyarakat agar tidak usah risau.

Acara nobar ini ditanggapi positif oleh warga sipil yang ikut menonton. Sheila seorang mahasiswi PTS di Lampung menyatakan apresiasi atas diselenggarakannya acara nobar film G30S/PKI. "Saya sangat mengapresiasi atas diselenggarakan acara ini dan berharap agar situasi keamanan dan ketertiban selalu terjaga" tuturnya.(is)
Diberdayakan oleh Blogger.