Marquez Menangi Balapan Ketat di MotoGP Phillip Island

AUSTRALIA, katalampung.com - Peluang Marq Marquez menjadi juara dunia Motogp 2017 semakin mendekati kenyataan  setelah ia berhasil menjadi yang pertama menyentuh garis finish pada balapan MotoGP seri Phillip Island, Australia, Minggu (22/10/2017). Marquez berhasil menjadi juara setelah melalui duel sengit melawan Rossi, Zarco, dan Vinales. Kemenangan ini menjadi kemenangan keenamnya dimusim ini. Dengan kmenangan ini , Marquez berhasil memperlebar jarak persaingan perebutan gelar juara dunia menjadi  33 poin, dari pesaing terdekatnya Andrea Dovisiozo.

Marquez Menangi Balapan Ketat di MotoGP Phillip Island


Juara dunia sembilan kali, Valentino Rossi berhasil finish diposisi ke dua setelah duel sengit melawan Zarco dan Marquez. Maverick Vinales  mengamankan podium ketiga setelah di lap terakhir berhasil melakukan slipstream dan mengambil alih posisi ketiga dari Zarco.

Duel sengit berlangsung sejak lap pertama dalam balapan yang berlangsung selama 27  lap ini. Tujuh rider berada di grup terdepan untuk bersaing menjadi yang tercepat. Selepas start, pembalap tuan rumah Jack Miller berhasil melesat dan mengambil alih posisi terdepan, diikuti oleh Marquez, Vinales, Espargaro, dan Rossi.

Di lap ketiga Rossi mulai menunjukkan kelasnya dengan aksi klasiknya menyalip satu persatu pembalap didepannya. Rossi berhasil mengambil alih pimpinan pada lap ke lima, ditempel ketat oleh Marquez dan Zarco. Zarco berusaha merangsek kedepan pada lap sembilan dan berhasil mengambil alih posisi Rossi. perebutan posisi  kedua dan ketiga berlangsung begitu sengit, aksi saling salip antara Rossi dan Marquez pun tak terhindarkan.  Dalam kondisi kaki patah, rupanya tidak menghalangi Rossi untuk berduel dalam balapan ini. menjelang  empat belas lap tersisa Rossi kembali  menyodok keposisi terdepan diikuti Zarco dan Marquez. Duel sengit tak terhindarkan antara empat pembalap terdepan, Vinales, Rossi, Marquez dan Zarco secara bergantian memimpin jalannya lomba.

Delapan lap tersisa Marquez mulai menunjukkan gaya balap agresifnya, pada tikungan kedua Marquez berusaha menyalip Rossi dari celah sempit di sisi dalam lintasan, kontak antara keduanya pun tidak terhindarkan. Akibat aksi Marquez ini Rossi tercecer di posisi ke empat. Dengan sisa grip ban miliknya Marquez berusaha kabur meninggalkan pembalap lainnya. Duel sengit perbutan posisi kedua antara Zarco dan Rossi membuat Marquez semakin jauh berada di depan, dan berhasil menjadi yang pertama menyentuh garis finish.

Pesaing terdekat Marquez, Andrea Dovisiozo menjalani balapan yang cukup sulit pada seri ini. Start dari posisi ke -12 dan sempat tercecer di posisi dua puluh, Dovi masih harus bersaing dengan rekan setimnya di  Ducati, Jorge Lorenzo dan Dani  Pedrosa untuk perebutan posisi kesebelas. Dovi Finish di posisi ke-13 dan hanya berhasil mengemas tiga poin di seri ini. Dengan dua seri terisa dan selisih 33 poin tampaknya Dovi harus berjuang keras untuk memperoleh juara dunia MotoGP tahun ini.

Dilaporkan Oleh: Fadilah Hasan
Diberdayakan oleh Blogger.