Pembangunan Kemaritiman Fokus konektivitas Infrastruktur Pusat-pusat Pertumbuhan Ekonomi

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Menko Luhut B. Panjaitan dalam seminarnya mengulas seputar pembangunan kemaritiman untuk mengatasi kesenjangan dan kemiskinan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemerintah melakukan pembangunan disektor maritim yang difokuskan pada pembangunan infrastruktur konektivitas.

Pembangunan Kemaritiman Fokus konektivitas Infrastruktur Pusat-pusat Pertumbuhan Ekonomi


Pembangunan infrastruktur yang terkoneksi itu sebagai upaya untuk menunjang pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang baru. "Pembangunan Infrastruktur konektivitas memiliki dampak yang paling signifikan dalam pengembangan sentra industri." paparnya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman ini menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional ISEI XIX di Swiss-Belhotel Bandar Lampung, Kamis (19/10/2017) pagi, dengan tema: “Pembangunan Kemaritiman Untuk Mengatasi Paparan Hasil Kesenjangan dan Middle Income Trap”. Pada awal pemaparannya Menko Luhut menyampaikan bahwa pada periode 2011 - 2013, laju pertumbuhan PDB Indonesia cukup tinggi, didorong oleh booming komoditas, namun disisi lain meskipun ekonomi tumbuh diatas 6%, namun tingkat kesenjangan justru meningkat.

Faktor perkembangan teknologi yang semakin pesat juga telah mendorong pertumbuhan ekonomi semakin tinggi, namun dalam waktu bersamaan menekan angka penyerapan tenaga kerja, sehingga menimbulkan, masalah pengangguran, kesenjangan, dan kemiskinan. Untuk itu pembangunan infrastruktur konektivitas dinilai Luhut sangat penting untuk mengembangkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Luhut Juga memaparkan upaya pemerintah dalam mendorong sektor pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang baru serta penghasil devisa utama. Sektor ini juga yang paling cepat menyerap tenaga kerja.

Pemaparan Menko Luhut tersebut sudah sejalan dengan program-program strategis Gubernur Ridho yang mengupayakan percepatan pembangunan melalui konektivitas antar wilayah, salah satunya adalah dengan pembangunan Bandara Radin Inten II, Bandara Taufiq Kiemas, Pelabuhan Bakauheni - Merak, serta pembangunan kawasan industri disepanjang jalan Tol Trans Sumatera dan Pengembangan kawasan Pariwisata di Provinsi Lampung.(dbs)
Diberdayakan oleh Blogger.