Besarnya Potensi Tanggamus Jadikan Salah Satu Prioritas Utama Program Pembangunan Gubernur Ridho

TANGGAMUS, katalampung.com – Yustin Ficardo mengatakan besarnya potensi alam yang dimiliki Kabupaten Tanggamus, serta kemampuan sumber daya manusianya, menjadikan Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu prioritas utama pelaksanaan program pembangunan yang dicanangkan oleh Gubernur Ridho.

Besarnya Potensi Tanggamus Jadikan Salah Satu Prioritas Utama Program Pembangunan Gubernur Ridho

"Pemprov Lampung bahkan mengalokasikan dana Rp110 miliar, untuk menunjang pembangunan infrastruktur Kabupaten Tanggamus," ujar Yustin pada acara Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan Lomba Kegiatan PKK Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017, di Pekon Singosari, Kecamatan Talang Padang, Kabupaten Tanggamus, Selasa (28/11/2017).

Salah satu prioritas pembangunan Gubernur Ridho, kata Yustin adalah pembangunan sarana dan prasarana, seperti jalan, jembatan dan lain sebagainya memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan sektor pariwisata.

"Seperti halnya dengan perbaikan ruas jalan di Kabupaten Tanggamus yang menuju destinasi wisata Teluk Kiluan. Pak Gubernur memberi perhatian khusus dalam perbaikan infrastruktur jalan yang menuju ke arah tujuan wisata, seperti Simpang Teluk Kiluan sampai ke arah Simpang Kota Agung, yang dibagi dalam empat ruas perbaikan jalan," kata Yustin.

Empat ruas tersebut, papar Yustin, yakni Simpang TeIuk Kiluan - Simpang Umbar, Simpang Umbar - Putih Doh, Putih Doh - Kuripan, dan Kuripan - Simpang Kota Agung.

"Alhamdunilah Teluk Kiluan yang dulu bagaikan surga tersembunyi, yang tak dapat dicapai, karena sulitnya medan jalan yang harus ditempuh, kini berkat perhatian Pak Ridho dengan dilakukan perbaikan infrastruktur, maka Teluk Kiluan kini dapat dicapai dengan mudah," ujar Yustin

Pembangunan yang dilakukan Gubernur Ridho lainnya di Kabupaten Tanggamus yakni jembatan Way Umbar, Kecamatan Kelumbayan, Tanggamus.

Baca Juga: M. Ridho Ficardo Resmikan 3 Jembatan di Kelumbayan 

"Kini Tanggamus memiliki jembatan terpanjang yang dibangun Pemerintah Provinsi Lampung dan belum lama ini, Pak Ridho juga meresmikan Jembatan Way Paku dan Way Paku 2. Harapan Pak Ridho dengan dibangunnya jembatan itu, akan membuka daerah dari keterisolasian, dan mempersingkat jarak tempuh warga. Ini selain mempermudah distribusi barang dan jasa yang mendorong kemajuan ekonomi," kata Yustin.

Yustin melanjutkan, adanya pengaliran listrik di Desa Sampang Turus, Desa Tanjung Rusia dan Desa Pematang Cawan di Kabupaten Tanggamus yang dari dulu gelap dan terisolir. 

Baca Juga: Program Lampung Terang 2019, Gubernur Resmikan Listrik di 25 Desa 

"Kini daerah tersebut dialiri listrik dengan adanya program Lampung Terang 2019. Pak Ridho sangat bersemangat membangun Tanggamus karena pemerintah daerahnya dan masyarakatnya juga bersemangat bekerja sama. Hal ini dibuktikan dengan hasil yang dicapai dalam bidang pertanian lahan sawah di Lampung, dimasa kepemimpinan Pak Ridho sebagai Gubernur, telah bertambah 31.204 hektar, yang sebagian besar penambahan Iahan sawah itu berada di Tanggamus," ujar Yustin.

Belum Iagi dengan keberhasilan program Gerakan Membangun (Gerbang) Desa Saburai 2017, yang mana sebanyak 56 Pekon di Kabupaten Tanggamus mendapatkan program tersebut.

Baca Juga: Hakikat Program Gerbang Desa adalah Mengentaskan Desa Tertinggal 

Apresiasi disampaikan Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi terkait pembangunan yang terus berjalan yang dilakukan Gubernur Ridho di Kabupaten Tanggamus.

"Seperti yang disebutkan ibu Yustin, mulai dari pembangunan jembatan, lalu Penyalaan Listrik Desa dan Penyerahan Bantuan CSR PT. PLN (Persero), Gerbang Saburai, dan juga Ruang Terbuka Hijau di Kecamatan Gisting. Lalu, peningkatan Jalan Provinsi di Kecamatan UIu Belu, Dermaga Apung dan perahu karet kepada Pokdarwis Pekon Datar Lebuai Kecamatan Air Naningan. Mudah-mudahan pak Gubernur bisa terus bersama-sama warga Tanggamus dalam memajukan Provinsi Lampung yang kita cintai," ujar Samsul.

Dia menyampaikan Kabupaten Tanggamus pada kegiatan lomba yang sama pada tahun 2013 Kabupaten Tanggamus berhasil sebagai Pelaksana Terbaik I Nasional Kategori Prilaku Hidup Bersih dan Sehat dan mendapatkan Penghargaan Pakarti Madya yang diwakili oleh Pekon Margoyoso, Kecamatan Sumberejo.

"Pada Tahun 2014 diwakili oleh Pekon Way Jaha, Kecamatan Pugung. Kabupaten Tanggamus, kembali memperoleh Predikat Terbaik ll Tingkat Nasional kategori Pelaksana Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan mendapatkan Penghargaan Pakarti Madya Tahun 2016 diwakili Pekon Sidokaton, Kecamatan Gisting. Kabupaten Tanggamus, kembali memperoleh Predikat Terbaik II Tingkat Nasional Kategori LBS (Lingkungan Bersih dan Sehat) dan mendapat Penghargaan Pakarti Madya," kata Samsul.

Editor: Guntur Subing
Sumber: MRF Info
Diberdayakan oleh Blogger.