Desa Toto Harjo Kecamatan Purbolinggo Wakili Lampung Timur pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Lampung

LAMPUNG TIMUR, katalampung.com – Desa Toto Harjo, Kecamatan Purbolinggo terpilih mewakili Kabupaten Lampung Timur pada lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Provinsi Lampung. Penilaian Lomba dilaksanakan di Lapangan Merdeka Kecamatan Purbolinggo, Senin, 27 November 2017.


Desa Toto Harjo Kecamatan Purbolinggo Wakili Lampung Timur pada Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB Kesehatan Lampung


Hadir dalam acara tersebut Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Apriliani Yustin Ficardo, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, Ketua Tim Penggerak PKK Lamtim, Seketaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Jajaran Forkopimda,Tim Penilai Tingkat Prov Lampung dan Forkopimcam Purbolinggo.

Baca Juga: Pemprov dan PKK Provinsi Lampung Sinergikan Pembangunan Lampung Timur 

Kegiatan Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan tahun 2017 ini juga berbarengan dengan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) di Desa Toto Harjo, Kecamatan Purbolinggo. Dalam bentuk intensifikasi lintas sektor di bidang pemberdayaan keluarga, KB dan kesehatan melalui kegiatan kesatuan gerak PKK-KB-kesehatan.

Dengan dukungan lintas sektor maka kegiatan ini akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok PKK, institusi KB dan kesehatan di tingkat desa ke bawah dengan kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai fokus sasaran utama.

Upaya-upaya dalam rangka mengatasi dampak krisis ekonomi tersebut antara lain pemberian alat dan obat kontrasepsi gratis bagi keluarga miskin, revitalisasi posyandu dan pemberian makanan tambahan (PMT) agar keluarga tetap terpelihara kesehatannya.

Atas dasar hal tersebut, maka kegiatan kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tahun ini juga diharapkan dapat meningkatkan peran serta pria dalam kesetaraan gender serta lebih memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang secara langsung dapat meringankan beban keluarga pra-sejahtera dan keluarga sejahtera 1 dalam mendapatkan pelayanan KB dan kesehatan sesuai prioritas masalah yang ada dengan memperhatikan potensi dan keanekaragaman daerah masing-masing.

Baca Juga: Yustin Ficardo: Kesrak PKK-KB Kesehatan Wahana Motivasi 

Dalam sambutan Bupati lampung timur menyampaikan, "Sehubungan dengan kegiatan acara Germas, kita mendorong kegiatan PKK juga, kita mengambil peran dalam program KB dan kesehatan sebagai landasan untuk melakukan keluarga kecil sehat, bahagia dan sejahtera,”

“Karena tiga besar tersebut baik sehat maupun bahagia  adalah sesuatu tidak bisa kita pisahkan satu-satu, tetapi satu sama lain saling mengikat. Kita harapkan keluarga keluarga kecil, khususnya di Lampung Timur bisa menjadi keluarga sehat bahagia dan sejahtera," ujar Nunik sapaan akrab Chusnunia.

Dalam kesempatan itu juga, Ketua PKK Provinsi Lampung Yustin Ficardo menyampaikan, "Kesatuan Gerak PKK-KB kesehatan ini merupakan wahana untuk meningkatkan motivasi kerja pihak-pihak yang berkepentingan sehingga lebih terpacu untuk lebih intensif mencapai sasaran program menjelang berakhirnya akhir tahun,”

Menurut Yustin, dari evaluasi dan Lomba Kegiatan PKK ini dapat dilihat keberhasilan promosi penanggulangan kanker serviks. Terlihat dari banyaknya kaum perempuan yang mengetahui cara penanggulangannya, serta peningkatan jumlah yang melakukan deteksi dini terutama melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam asetat).

“Sebagai upayamemberikan penghargaan terhadap berbagai usaha yang telah dilaksanakan maka terhadap pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK Tahun 2017 ini dilakukan penilaian. 4 jenis kegiatan yang dinilai antara lain pelaksana terbaik kegiatan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan, pelaksana terbaik Posyandu, pelaksana terbaik PHBS di rumah tangga dan pelaksana lingkungan bersih," jelas Yustin.

Yustin menambahkan terhadap 5 penilian lainnya, “untuk Lomba PKK dilakukan penilaian terhadap lima jenis kegiatan PKK. Yakni: tertib administrasi PKK, pola asuh anak dan remaja, upaya peningkatan pendapatan keluarga UP2K, alam asri teratur indah dan nyaman atau hatinya PKK, dan yang terakhir pelaksanaan deteksi dini kanker serviks melalui inspeksi visual asam asetat atau IVA test," terangnya.

Ketua PKK Provinsi Lampung ini juga menyerahan bantuan berupa paket perlengkapan bayi dan serta pembagian doorprize.
Diberdayakan oleh Blogger.