Dialog Publik FLM: “Telaah Kritis Kolonialisasi Corporate di Lampung, Sebuah Kajian Tentang Penyimpangan HGU yang Dilakukan oleh SGC”

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Permasalahan Hak Guna Usaha (HGU) lahan Sugar Group Corporation (SGC) terus bergulir. Kemarin, Selasa, 28 November 2017, Front Lampung Menggugat (FLM) menggelar Dialog Publik.


Dialog Publik FLM: “Telaah Kritis Kolonialisasi Corporate di Lampung, Sebuah Kajian Tentang Penyimpangan HGU yang Dilakukan oleh SGC”


Acara yang digelar di Warung Nongkrong (Samping KFC Kedaton), Bandarlampung, mengangkat tema “Telaah Kritis Kolonialisasi Corporate di Lampung, Sebuah Kajian Tentang Penyimpangan HGU yang Dilakukan oleh SGC”.

Baca Juga: Pattimura: HGU SGC Seperti Kucing Dalam Karung

Hadir dalam acara tersebut sebagai Pembicara Novi Marzani (Ketua Pansus SGC DPRD Tulang Bawang), Pattimura (Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung), Andi Surya (Anggota DPR RI),Adurrahman Sarbini alias Mance (Mantan Bupati Tulang Bawang ), Dedi Hermawan (Akademisi) dan dimoderatori oleh Juniardi (Pers).

Andi Surya dalam pemaparannya memunculkan opini yang terbilang membingungkan. Dia mengatakan, Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) maka kasus-kasus lama yang muncul kembali itu hal biasa.

“Pilgub, Pileg, kasus-kasus muncul lagi itu hal biasa dalam kehidupan kita,” jelas Andi

Baca Juga: Mance Siap Mati Perjuangkan Hak Ulayat Adat yang Dicaplok SGC 

Dia juga menjelaskan bahwa ini adalah politik tanah, harusnya digunakan sebesar-besarnya untuk rakyat.

“Ini politik tanah harusnya digunakan sebsar-besarnya untuk kemakmuran rakyat . sehingga politik tanah bermanfaat. Jika memang SGC benar-benar melanggar HGU maka Buktikan,” tegas Anggota DPD RI ini.

Sementara itu, Dedi Hermawan, menyoroti permasalahan ini dari sisi akademis. Dia menegaskan, saat ini dirinya sedang melakukan penelitian terkait HGU Korporasi di Lampung.

“Pelanggaran HGU ini sudah terang. Jika penanganannya hanya dari diskusi ke diskusi tidak akan selesai. Saat ini saya sedang melakukan penelitian terkait HGU, nanti ada launching hasil penelitiannya,” ujar Dedi.

Dilaporkan Oleh: Guntur Siswanto
Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.