Sekda Lampung Timur Buka Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten

LAMPUNG TIMUR, katalampung.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, buka Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Lampung Timur 2017 di Gedung Pusiban, Senin, 06 November 2017. Peserta Lomba adalah perwakilan dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur.

Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur tersebut dihadiri pula oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Puteri Ernawati, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Lampung Timur, Yudinal, Forkopimda dan Forkopimcam se-Kabupaten Lampung Timur.

Sekda Lampung Timur Buka Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten


Diselenggarakannya lomba ini dengan maksud untuk meningkatkan keterampilan dalam memasak masakan berbahan baku ikan. Selain itu, juga untuk memperkenalkan keanekaragaman olahan makanan dari ikan kepada masyarakat Lampung Timur.

Dikatakan oleh Yudinal, selaku Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) penyelenggara, "Lomba Masak Ikan ini merupakan salah satu promosi dan edukasi peningkatan konsumsi ikan, yang di kemas dalam bentuk lomba masak serba ikan. Lomba Masak ini dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi, hingga tingkat nasional".

Lebih lanjut, pada kesempatan yang sama, Syahrudin Putera, dalam kata sambutannya mengatakan, "Budaya memasyarakatkan makan ikan ini tentu saja harus ditanamkan kepada seluruh lapisan masyarakat. Utamanya pada anak anak usia dini agar mengenal dan mengetahui akan manfaat protein hewani asal ikan. Sehingga diharapkan pada akhirnya secara lambat laun akan tertanam pemahaman dan terwujud budaya yang baik dalam pola makan dan konsumsi ikan".

“Saya berpesan kepada seluruh peserta Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Lampung Timur, agar program ini tidak hanya berhenti pada kegiatan seremonial saat pencanangan. Tindak lanjut pada tingkatan yang lebih menyentuh masyarakat baik ditingkat kecamatan dan desa harus dilakukan dengan lebih nyata secara berjenjang", harap Syahrudin.

Dari pantauan tim katalampung.com di lokasi perlombaan terlihat berbagai hasil olahan berbahan baku ikan yang tersaji antara lain: pudding ikan, sate ikan, gurame terbang saos mangga, sup ikan gurame, sup macaroni sosis ikan, mangkuk seafood saus mangrove dan olahan lainnya.(jho)
Diberdayakan oleh Blogger.