Darmawan Purba: Penentuan Pasangan Calon Kerap Jadi Momok

BANDARLAMPUNG, katalampung.com – Terkait peta politik menjelang Pilgub Lampung 2018, Pengamat Politik Universitas Lampung, Darmawan Purba, menilai penentuan pasangan calon memang kerap menjadi momok dalam format koalisi lebih dari dua partai politik (parpol).

 
Darmawan Purba: Penentuan Pasangan Calon Kerap Jadi Momok
Pengamat Politik Universitas Lampung, Darmawan Purba

Menurutnya, pendekatan koalisi parpol dalam pilkada sangat pragmatis. Sehingga mungkin saja terjadi perubahan koalisi apabila kepentingan anggota koalisi tidak tercapai.

Ketika disinggung mengenai adanya manuver deklarasi pasangan Arinal-Nunik oleh DPP PKB sehingga terjadi reaksi yang mengarah pada keretakan koalisi kubu Arinal serta wacana poros baru yang digaungkan Gerindra, Darmawan Purba, menilai hal tersebut sangat mungkin.

“Sehingga wacana Gerindra-PAN menjadi sangat mungkin jika kepentingan kedua parpol tersebut sama-sama ingin mengusulkan calon wagub juga,” ujar Darmawan Purba.

Namun bila partai-partai tersebut realistis, kata Darmawan, maka pendekatan koalisi bukan hanya pada aspek pencalonan gubernur dan wakil gubernur, tapi lebih kepada menjadi bagian dalam menentukan arah kebijakan kedepan.

“Maka koalisi yang dibentuk Arinal masih bisa disolidkan,” kata Darmawan.

Namun, lanjutnya, tidak mudah untuk mengusung nama-nama baru. Hal ini menyangkut modal sosial dan modal ekonomi yang tidak mudah disiapkan oleh tim parpol.(gsu)
Diberdayakan oleh Blogger.