Bank Lampung Jalin Kerja Sama Dengan Bank BRI

BANDAR LAMPUNG, katalampung.com – PT. Bank Lampung menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan Bank BRI untuk meningkatkan nilai tambah dari masing-masing pihak. Sesuai program transformasi Bank Lampung, dalam rangka menuju regional champion.

Bank Lampung Jalin Kerja Sama Dengan Bank BRI


Sebagai tuan rumah lembaga keuangan di daerah sendiri maka Bank Lampung harus memiliki 3 pilar, yaitu ketahanan kelembagaan, berdaya saing tinggi, serta dapat berkontribusi kepada pertumbuhan pembangunan dan perekonomian daerah secara berkelanjutan.

Bank Lampung yang saat ini masih berada di buku I harus masuk sebagai buku II dengan memiliki modal inti minimal 1 Triliun, agar dapat berkontribusi di sektor produktif. Strategi Untuk mencapai hal tersebut selain memperoleh setoran modal dari pemegang saham, maka yang akan dilakukan adalah IPO dan/atau privat placement.

Selanjutnya dalam rangka meningkatkan daya saing maka perlu memperluas jaringan layanan, meningkatkan kemampuan SDM dan peningkatan infrastruktur IT. Tetap pada core bisnis kredit konsumtif, namun juga meningkatkan porsi pembiayaan kepada sektor-sektor produktif khususnya kredit kontruksi yg berasal dari dana APBD

Bank Lampung Jalin Kerja Sama Dengan Bank BRI

Oleh karena itu, untuk mencapai hal diatas, Bank Lampung harus memiliki mitra strategis yang saling menguntungkan. Pada saat ini mitra strategis Bank Lampung adalah Bank BRI.

Untuk memperkuat kemitraan itu maka Bank Lampung dan Bank BRI melakukan penandatanganan Nota kesepahaman pada Rabu (17/01) di Kantor Pusat Bank Lampung.

Penandatanganan nota kesepahaman itu dihadiri langsung oleh Direktur Utama Bank BRI Suprajarto, Direktur Strategi Bisnis dan Keuangan Bank BRI Haru Koesmahargyo serta Direktur Utama Bank Lampung Eria Desomsoni.

Melalui kerja sama ini, Bank BRI berkomitmen untuk mendukung peningkatan kapasitas Bank Lampung melalui infrastruktur dan fasilitas perbankan yang telah dimiliki.

Suprajarto sendiri menyambut positif hal ini. Menurutnya, dengan sinergi ini dapat meningkatkan efisiensi di masing masing pihak. “Kerja sama ini tentunya kami harap dapat meningkatkan added value kedua belah pihak serta memberikan manfaat khususnya kepada masyarakat di Provinsi Lampung,” urai Suprajarto.

Dirinya juga menegaskan bahwa pihaknya selalu membuka diri untuk melakukan sinergi dengan BPD. Hal ini tak lain karena BPD memiliki peran yang strategis dalam rangka mempercepat pertumbuhan perekonomian dan pembangunan di daerah.

“Hal tersebut sesuai dengan aspirasi kami yakni menggerakkan pembangunan daerah melalui pemberdayaan UMKM serta peningkatan inklusi serta literasi keuangan," imbuh Suprajarto.

Menurutnya, kerjasama ini merupakan wujud komitmen Bank BRI untuk mendorong peningkatan kapasitas BPD,  mengingat BPD berada di garis depan dalam membuka akses keuangan yang terintegrasi kepada masyarakat.

Bank Lampung Jalin Kerja Sama Dengan Bank BRI


Sementara itu, Eria Desomsoni menyatakan, kerja sama ini merupakan salah satu langkah dalam program transformasi Bank Lampung, dimana saat ini Bank Lampung masih berada di BUKU I sehingga dari sisi kelembagaan harus memiliki mitra strategis yang menguntungkan.

"Untuk memperkuat daya saing kami, tentu dibutuhkan perluasan jaringan dan layanan serta peningkatan infrastruktur IT dimana dengan kerja sama dengan Bank BRI kami harapkan dapat mengakselerasi hal tersebut," ujar Eria.

Langkah awal kerjasama Bank BRI dengan Bank Lampung berupa pengembangan kerja sama di bidang teknologi, infrastruktur, operasional serta produk dan jasa perbankan, namun ke depan, tidak menutup kemungkinan bank berkode saham BBRI ini akan menjadi startegic partner dari Bank  Lampung.

Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.