Bupati dan Kelompok Tani Maju Satu Panen Perdana Bawang Merah di Kecamatan Batanghari

LAMPUNG TIMUR, katalampung.com - Bupati Lampung Timur, Chusnunia bersama para petani anggota Kelompok Tani Maju Satu melakukan panen perdana  bawang merah,  berlokasi di Desa Banjar Rejo Kecamatan Batanghari, Jumat (26/01/2018).

Bupati dan Kelompok Tani Maju Satu Panen Perdana Bawang Merah di Kecamatan Batanghari

Hadir pula pada acara panen tersebut, Camat Batanghari, Rohiman, Sekretaris Kecamatan Batanghari, Purwadi, Kepala Desa Banjar Rejo, Puspito,  Ketua Kelompok Tani Maju Satu, Parwoto beserta anggota kelompok tani.

Dalam sambutannya, Chusnunia memberikan apresiasi yang tinggi kepada para petani di Desa Banjar Rejo karena telah berhasil mengembangkan tanaman bawang merah. Hal tersebut  dinilai sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan petani. 

“Kaget saya, brambang bisa di tanam di Lampung Timur, luarbiasa, alhamdulillah, kita mensyukuri". Kebetulan kita tadi lagi ada musrenbang, jadi saya minta pak camat untuk mengingatkan kepada dinas pertanian, nanti pertemuan saya yang akan pimpin supaya ada kebijakan," tutur Chusnunia.

Lebih lanjut, Bupati Lampung Timur itu pun mengharapkan agar budidaya  penanaman bawang merah terus dikembangkan di masa mendatang. 

“Nanti kita akan langsung tindak lanjuti karena ini betul-betul kebutuhan pokok, saya sebagai Bupati mempikan Lampung Timur ini bisa ditanami semua jenis kebutuhan pokok, jadi kebutuhan pokok bisa kita penuhi sendiri biar tidak impor-impor," tandasnya.

Menurut Chusnunia, pemerintah kabupaten akan mengadakan program subsidi bibitnya, walaupun tidak 100 persen semuanya, tetapi akan diadakan program baru subsidi bibit untuk bawang merah.

Kelompok Tani Maju Satu merupakan kelompok tani yang beranggotakan 27 orang dan di ketuai oleh Parwoto. Dimulai dengan 50 kilogram bibit bawang merah, mereka mencoba menanamnya di lahan berukuran seperempat hektar dengan harapan dapat memanen kurang lebih 6 kuintal.

Selain itu, Kelompok Tani Maju Satu berharap, Lampung Timur dapat memiliki Bawang Merah sendiri dengan kualitas yang lebih baik dari daerah-daerah lainnya. 

“Mudah-mudahan dengan kehadiran ibu bupati di desa kami ini, tanaman bawang merah ini bisa menjadi komoditas kami Kelompok Tani Maju Satu di Banjar Rejo ini. Karena khusus untuk Lampung Timur, ini perdana kita melakukan panen bawang merah, di mana kita tahu bawang merah selalu identik dengan Brebes," ujar Parwoto.

Dirinya berharap dengan mencoba seperti ini bawang merah bukan hanya Brebes saja tapi juga Lampung Timur.

Dilaporkan oleh: Jhoni Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.