Mendadak, Ditresnarkoba Cek Urin 32 Kru Lima Maskapai Di Bandara Radin Inten II

LAMPUNG SELATAN, katalampung.com – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) mendadak menggelar test urin narkoba bagi 32 kru lima maskapai yang membuka layanan penerbangan pagi di Ruang Kesehatan Bandara Radin Inten II Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu, 24 Januari 2018.

Mendadak, Ditresnarkoba Cek Urin 32 Kru Lima Maskapai Di Bandara Radin Inten II

Test urin disatukan dengan sesi pemeriksaan kesehatan rutin para awak pesawat sebelum dinyatakan berhak terbang meninggalkan Lampung. Test dilaksanakan mulai pukul 05.00 WIB sesuai jadwal penerbangan maskapai sehingga sama sekali tidak mengganggu aktivitas pilot, co - pilot dan pramugari yang hendak bertugas. Proses test urin dibantu petugas kesehatan yang selalu siaga diruang kesehatan tersebut.

“Ini salah satu pencegahan pengedaran dan penyalahgunaan narkoba yang dilakukan Polda Lampung. Karena posisi Lampung sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera mengharuskan pengawasan diberbagai pintu masuk keluar Lampung. Bandara juga berlaku hal yang sama. Termasuk seluruh kru maskapai yang membuka jadwal penerbangan dari dan ke Lampung, " kata Wakil Direktur Reserse Narkoba (Wadirresnarkoba) AKBP Wika Hardianto yang memimpin pemerikasaan.

Mendadak, Ditresnarkoba Cek Urin 32 Kru Lima Maskapai Di Bandara Radin Inten II

Sejak pukul 04.30 WIB, tim sudah siaga menunggu kedatangan para kru. Memastikan kru seluruh maskapai yang memiliki jadwal terbang penerbangan perdana hari ini meninggalkan Lampung mengikuti test.

Kru Batik Airways jadi pembuka. Satu pilot, satu co-pilot dan enam pramugarinya langsung berbaris rapi antri mengambil wadah urin kosong selanjutnya menuju kamar kecil yang tepat berada disamping ruang kesehatan. Menyusul dibelakang mereka, enam kru Sriwijaya Air ikut test dengan diarahkan dan dijaga anggota.

"Memang ada dugaan narkoba dari wilayah seperti Aceh, Medan dan Pekanbaru masuk Lampung lewat udara. Jadi penumpang sudah pasti tidak lepas dari pengawasan. Untuk barang, kita antisipasi dengan anjing pelacak. Nah, kru pesawat juga jadi sasaran pencegahan sehingga test urin digelar pagi ini. Kedepannya, tetap dilakukan mendadak dan acak, " lanjut Wika.

Setelah Sriwijaya, empat kru Wings Air, tujuh kru Lion Air dan tujuh kru Garuda menjalani proses yang sama. 

Mendadak, Ditresnarkoba Cek Urin 32 Kru Lima Maskapai Di Bandara Radin Inten II

"Total 32 kru dari lima maskapai yang membuka penerbangan pagi ditest urinnya. Seluruh kru sangat koperatif. Untuk kerjasama baiknya kami ucapkan terima kasih. Hasil test keseluruhannya sama-sama dua garis alias negatif, " tutup Wika menyampaikan hasil test.

Sumber: Polda Lampung
Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.