Pemkab Lampung Barat Gelar Pengarahan Peratin dan LHP

LAMPUNG BARAT, katalampung.com - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas PMP mengelar acara pengarahan Peratin dan LHP diAula RSUD Alimuddin Umar, Rabu (03/18). Acara tersebut juga dihadiri oleh Pj. Setdakab Lampung Barat Akmal Abdul Nasir S.H, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Adi Utama, Kepala Dinas PMP Drs. Nukman ,M.M,.


Pemkab Lampung Barat Gelar Pengarahan Peratin dan LHP


Dalam sambutan Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan bahwa secara khusus tentunya pelaksanaan pengarahan ini merupakan bentuk “Pembinaan” langsung terhadap penyelenggaraan pemerintahan pekon, dan bagi peratin bahwa kehadirannya di dalam mengikuti pengarahan ini adalah wujud konkrit di dalam melaksanakan tanggungjawabnya memimpin penyelenggaraan pemerintahan pekon berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Penyelenggaraan pemerintahan pekon merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan daerah. Peratin sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan pekon merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah,” ujar Bupati.

Penyelenggaraan pemerintahan pekon, menurut Bupati, merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Oleh karena itu peratin mempunyai kedudukan yang strategis selaku pemimpin penyelenggaraan pemerintahan pekon, pelaksanaan pembangunan pekon, pembinaan kemasyarakatan pekon, dan pemberdayaan masyarakat pekon,” tambahnya.

Melalui kesempatan itu, Bupati mengingatkan kepada peratin terpilih agar selalu terbuka terkait dengan pengelolaan keuangan pekon, dimana setiap peratin agar berhati-hati dalam perencanaan anggaran, penggunaan anggaran, sampai dengan pelaporan anggaran dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pergunakanlah anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap unsur masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan pekon sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara peratin dan masyarakat ,” kata Bupati.

Dirinya juga mengajak untuk saling bersinergi dalam menciptakan kemajuan, guna mewujudkan harapan bersama akan hadirnya pekon hebat dalam 5 (lima) tahun yang akan datang.

“Dengan adanya 4 (empat) prioritas pembangunan pekon pemerintah pusat serta 7 (pitu) prioritas Pemerintah Kabupaten Lampung Barat harus bersinergi dengan pembangunan yang dikelola oleh pemerintah pekon untuk Mewujudkan Masyarakat Lampung Barat Hebat dan Sejahtera,” jelasnya.

Usai Menggelar Pengarahan Peratin Dan LHP Bupati juga menggelar kegiatan serupa pada Pejabat Eselon III A dan B di Aula Keagungan Pemkab Setempat. Dalam arahanya, Bupati mengapresiasi kinerja para pejabat dilingkup pemkab setempat pada periode Bupati 2012-2017 yang telah menorehkan banyak prestasi dalam segala bidang.

Saat Ini Bupati sangat mengharapkan bantuan dan dukungan para pejabat untuk kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas untuk merealisasikan program Bupati pada lima tahun kedepan.

”Mari kita bergandengan tangan, bahu membahu Beguai Jejama untuk Mewujudkan Lampung Barat yang Hebat,”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menghimbau kepada Aparatur Sipil Negara yang hadir pada kesempatan tersebut untuk welcome pada insan pers mengingat peran pers sangat dibutuhkan untuk membangun kabupaten yang kita cintai ini.
Diberdayakan oleh Blogger.