Harunya Perpisahan Mahasiswa KKN Unila Bersama Pokdarwis Teluk Paku

KATALAMPUNG.COM, Selama 40 hari mahasiswa KKN Unila di Pekon Paku, Kelumbayan, Tanggamus, melakukan berbagai kegiatan. Sehingga interaksi sosial begitu terbangun dengan masyarakat setempat. Mahasiawa KKN selalu membaur dengan berbagai kegiatan masyarakat, mulai dari kegiatan gotong royong lingkungan, senam ibu-ibu, kegiatan belajar mengajar hingga kegiatan muli mekhanai. 


Harunya Perpisahan Mahasiswa KKN Unila Bersama Pokdarwis Teluk Paku
Foto 1: Mahasiswa KKN Unila dengan anak-anak Pekon Paku, Rabu (28/2)

Waktu terasa begitu singkat, Rabu, 28 Februari 2018, Mahasiswa KKN Unila dan Pokdarwis Teluk Paku menggelar acara perpisahan. Dalam bingkai “Temu Pamit” mahasiswa-mahasiswa KKN Unila menggelar puncak kegiatan KKN mereka di Pekon Paku.

Acara temu pamit ini pun dihadiri Kepala Pekon, aparat pekon dan ratusan warga di Balai Pekon Paku. Temu Pamit ini diisi pengumuman pemenang berbagai lomba anak-anak Pekon Paku, seperti lomba cerdas cermat, lomba murottal Alquran, lomba azdan dan lomba puisi. Selain pengumuman lomba, acara juga dimeriahkan dengan penampilan kreasi tari dan paduan suara oleh murid-murid SDN paku.

Harunya Perpisahan Mahasiswa KKN Unila Bersama Pokdarwis Teluk Paku
Foto 2: Perpisahan mahasisa KKN Unila dengan Pokdarwis dan anak-anak Pekon Paku di tepi Pantai Teluk Paku

Suasana haru dan tangis derai air mata anak-anak Pekon Paku tak dapat dibendung saat mereka menyanyikan lagu “Semua Tentang Kita” Peterpan dan  Sampai Jumpa” Endang Sukamti. Melepas rasa harunya, anak-anak Pekon Paku memeluk erat mahasiswa-mahasiswa KKN Unila.

Selain temu pamit dengan masyarakat, Mahasiswa KKN Unila juga temu pamit dengan Pokdarwis Teluk Paku beserta masyarakat pesisir Pantai Teluk Paku. Temu pamit dikemas dengan makan bersama Ikan Bakar Blue Marlin hasil tangkapan nelayan Teluk Paku.

Harunya Perpisahan Mahasiswa KKN Unila Bersama Pokdarwis Teluk Paku
Foto 3: anak-anak bermain di depan Spot dan Pendopo hasil karya mahasiswa KKN unila dengan Pokdarwis Teluk Paku

“Kesan-kesan saya selama KKN di Paku sangat menyenangkan. Warga paku menyambut kami dengan hangat dan terbuka dengan segala kegiatan kami. Selama KKN disini saya merasa seperti punya keluarga baru. 40 hari disini terasa sangat cepat karena suasananya menyenangkan dan membuat nyaman,” ujar Dinda Afifa, mahasiswi Kedokteran Unila.

Anggi Santoso, mahasiswa KKN Unila Jurusan Teknik Elektro menyatakan warga Paku sangat kental adat istiadatnya. Selain itu, rasa solidaritas mereka juga amat terjaga. “Indah dan asrinya Alam Paku,” seru Anggi.

Harunya Perpisahan Mahasiswa KKN Unila Bersama Pokdarwis Teluk Paku
Foto 4: Bakar Ikan dan Makan Bersama Ikan Blue Marlin Hasil Tangkapan Nelayan Pekon Paku

Dia menambahkan, pemandangan pantai yang amat indah diiringi dengan segarnya udara yang jauh dari polusi terasa begitu sempurna dengan  kehangatan sambutan elemen masyarakat Paku.

“Indahnya Pantai Paku tak pernah terbayang di benak saya. Hamparan pasir dan rimbunnya pohon-pohon. Akan tetapi belum banyak yang bisa menikmati pantai ini karena kendala jalan yang kurang baik. Saya berharap pemerintah memperhatikan pekon ini karena potensi wisata dan kearifan lokalnya yang masih sangat terjaga,” pesan Anggi.

Harunya Perpisahan Mahasiswa KKN Unila Bersama Pokdarwis Teluk Paku
Foto 5: Suasana perpisahan mahasiswa KKN Unila bersama anak-anak Pekon Paku di Pantai Teluk Paku

Sementara itu, Fitri Chairani mahasiswa Fisip Unila mengungkapkan kesannya selama 40 hari KKN di Paku sangat menyenangkan. Warga, khususnya anak-anak di Pekon Paku sangat baik,ramah dan sayang kepada mereka yang KKN.

“Pemandangan di Paku sangat bagus, itu yang membuat kami berpikir untuk membuat progja dengan membuat pendopo dan spot foto di Teluk Paku ini. Semoga wisata di Teluk Paku ini semakin dikenal banyak orang dan kalau bisa akses ke Paku ini diperbaiki agar menarik daya tarik orang-orang. Semoga kami bisa kesini lagi. Amiin,” harap Fitri Chairani.

Dikirimkan Oleh: Pokdarwis Teluk Paku
Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.