Arinal: Riset Pertanian Banyak Yang Belum Dimanfaatkan Untuk Ekonomi Kreatif

BANDARLAMPUNG, KATALAMPUNG.COM – Arinal Djunaidi, Calon Gubernur nomor urut 3 mengatakan peluang pengembangan ekonomi kreatif sangat banyak mengingat riset pertanian yang belum dimanfaatkan.


Arinal: Riset Pertanian Banyak Yang Belum Dimanfaatkan Untuk Ekonomi Kreatif


Hal itu diungkapkan Arinal saat menjawab pertanyaan moderator pada Debat Publik I Pilgub Lampung 2018 di Ballroom Hotel Novotel, Bandar Lampung, Sabtu, 7 April 2018.

Sebelumnya, Moderator Juwendra Asdiansyah mengatakan ekonomi kreatif bisa menjadi solusi untuk mengatasi pengangguran sebab ekonomi kreatif memiliki potensi untuk membuka lapangan kerja. “Pertanyaannya, Strategi apa yang perlu anda lakukan jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur untuk mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Lampung?,” tanya Juwendra.

Dari penelitian pertanian yang belum banyak dimanfaatkan, kata Arinal, bisa dikembangkan pada sektor kuliner, pakaian Batik Lampung, Tapis dan sebagainya.

Ia menilai, pada sektor pertanian, ada beberapa bahan baku yang akan disiapkan untuk menumbuhkan tenaga kerja. Hal ini juga untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan yang ada di perdesaan.

Sementara itu, Nunik, Cawagub Arinal mengatakan ekonomi kreatif menjadi jalan yang paling menarik untuk dimaksimalka di tengan kesulitan lapangan kerja. Menurutnya, ekonomi kreatif merupakan kunci untuk mendorong pariwisata.

“Ekonomi kreatif wajib didorong untuk meningkatkan kemampuannya. Juga diperlukan anggaran untuk pelatihan-pelatihan dan pendampingan,” kata Nunik.(TIM/KL)
Diberdayakan oleh Blogger.