Banjir Rendam Enam Pekon di Semaka Tanggamus

TANGGAMUS, KATALAMPUNG.COM – Hujan lebat yang terjadi sejak Selasa malam (3/4/2018) hingga Rabu dini hari (4/4/2018), mengakibatkan banjir dari luapan Sungai Way Semaka, Tanggamus. Banjir mulai naik Rabu (4/4) sekitar pukul 00.30 WIB.




Menurut Koordinator KSR PMI Tanggamus Afen, sementara ini teridentifikasi enam pekon di Kecamatan Semaka. Antara lain, Pekon Srikuncoro  dengan ketinggian air sebatas lutut kaki orang dewasa dan air sudah mulai surut.

Baca Juga: Banjir dan Longsor Landa Tanggamus

“Pekon Sripurnomo dengan ketinggian air mencapai seukuran pinggang dan telah masuk ke rumah-rumah warga khususnya yang berada didekat sungai. Pekon Sudimoro Bangun air mulai naik dan menggenangi pemukiman warga khususnya rumah warga yang dekat dengan sungai,” kata Afen kepada katalampung.com, Rabu, 4 April 2018.

Banjir juga menerpa Pekon Sudimoro Induk, luapan air dari aliran Sungai Way Semaka mulai naik. Pekon Kanoman dengan ketinggian air mencapai ukuran betis kaki, khususnya arah ke jembatan gantung Kanoman-Banjar Negara, Wonosobo.

“Pekon Karangrejo, ketinggian air hingga sebatas lutut kaki orang dewasa. Saat ini air baru akan mulai naik dan menggenangi pemukiman warga khususnya yang dekat dengan aliran sungai,” jelasnya.

Menurutnya, akibat curah hujan yang berlebih khususnya di daerah pegunungan mengakibatkan meluapnya aliran sungai way semaka. Saat ini ada 6 (Enam) Pekon di wilayah Semaka yang terkena dampak dari luapan aliran Sungai Way Semaka. Namun, sejauh ini tidak ada korban jiwa. Berdasarkan hasil pantauan KSR PMI Tanggamus dilapangan, saat ini air mulai surut.

Ia memprediksikan curah hujan yang berlebih akan mengakibatkan aliran Sungai Way Semaka akan meluap kembali dan akan mnggenangi pemukiman warga khususnya yang tinggal dekat aliran sungai.

Dilaporkan Oleh: Cholik Dermawan
Diberdayakan oleh Blogger.