Direktorat Reskrimsus Polda Lampung Menang telak!!!

BANDARLAMPUNG, KATALAMPUNG.COM - Permohonan Praperadilan yang diajukan Elyana Subekti melalui kuasa hukumnya Henry Indraguna dan Rekan di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Selasa, 24 April 2018 memasuki agenda putusan.


Direktorat Reskrimsus Polda Lampung Menang telak!!!


Hakim Tunggal perkara Nomor 03 tahun 2018 yakni Mansyur,S.H. telah membacakan putusan yang pada intinya menolak permohonan Praperadilan untuk seluruhnya dan menyatakan surat perintah penghentian penyidikan/SP3 yang diterbitkan Dit.Reskrimsus Polda sah berdasarkan hukum serta membebankan biaya perkara kepada Pemohon sebesar nihil.

Dalam pertimbangan hukumnya, Hakim Tunggal menurut Advokat Yulizar Fahrulrozi Triassaputra yang mewakili Termohon DirReskrimsus Kombes Pol Aswin Sipayung menyampaikan, Hakim menyatakan tindakan penghentian penyidikan sehubungan perkara dugaan tindak pidana praktek kedokteran yang dilakukan oleh dokter Robot Setiadi dari Klinik Skin Rachel adalah sah berdasarkan hukum.

Sebagaimana yang diatur dalam pasal 109 ayat (2) KUHAP secara limitatif menyatakan kewenangan penyidik dalam menghentikan antara lain dengan alasan tidak diperoleh bukti yang cukup. “Apabila penyidik tidak memperoleh cukup bukti untuk menuntut tersangka atau bukti yang diperoleh penyidik tidak memadai untuk membuktikan kesalahan tersangka,” kata Yulizar.  

Menurutnya, Penyidik telah melaksanakan tahapan penyidikan sampai dengan pemberitahuan dihentikannya perkara kepada Pemohon.

“Ahli Pidana yang dihadirkan kami menjelaskan penghentian penyidikan merupakan kewenangan dan domain penyidik. Dengan dilakukan penghentian penyidikan telah memberikan kepastian hukum,” tambahnya.

Hakim tunggal juga menegaskan dalam putusan, langkah penyidik telah sesuai KUHAP dan Peraturan Kepolisian Nomor 14 tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan.

Kabidkum Polda Lampung AKBP Herry Setyawan, S.IK.,M.H., pada saat dikonfirmasi mengenai keberhasilan Anggotanya mengatakan bersyukur. “Alhamdulillah sukses berkat kinerja rekan-rekan yang luar biasa gigih,” ucapnya.(rls/dde)
Diberdayakan oleh Blogger.