Forum Komunikasi Mapala se-Lampung Gelar Seminar Sekolah Konservasi

PESAWARAN, KATALAMPUNG.COM - Forum Komunikasi Mapala se-Lampung melaksanakan Seminar Sekolah Konservasi di Bumi Perkemahan Youth Camp Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman, Desa Hurun, Kabupaten Pesawaran. Acara yang mengangkat tema “Satu Bumi Satu Semangat Konservasi dari Lampung untuk Indonesia” ini digelar pada 20-22 April 2018.


Forum Komunikasi Mapala se-Lampung Gelar Seminar Sekolah Konservasi

       
Tujuan Umum Sekolah Konservasi, ujar Ketua Pelaksana Kegiatan Imam Mukhti Sihombing adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya peserta akan pentingnya konservasi sebagai wujud pernyataan kecintaan akan bumi sebagai tempat tinggal makhluk hidup.

Menurut Imam, dipilihnya Tahura Wan Abdul Rahman karena memiliki potensi yang strategis. Terutama bagi mereka yang tinggal di sekitarnya.

“Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman merupakan wilayah sistem penyangga kehidupan terutama dalam pengaturan tata air, menjaga kesuburan tanah, mencegah erosi, menjaga keseimbangan iklim mikro, penghasil udara bersih, menjaga siklus makanan dan pusat pengawetan keanekaragaman hayati bagi masyarakat Kota Bandarlampung dan Kabupaten Pesawaran,” kata Imam.

Untuk peserta pada kegiatan Sekolah Konservasi ini diikuti oleh 100 orang dari beragam organisasi pencinta alam dan masyarakat. Yang terdiri dari Siswa Pencinta Alam (Sispala) se-Lampung 30 Orang, Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) se-Lampung 30 Orang, Kelompok Pecinta Alam (KPA) se-Lampung 30 Orang dan Masyarakat Peduli Konservasi 10 Orang.

Adapun Pemateri Sekolah Konservasi ini di antaranya dari Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Ir. Syaiful Bachri, M.M, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Fitter Syahboedin, Kepala SKW III Lampung Balai BKSDA Bengkulu, Direktur Walhi Lampung Hendrawan.

Dilaporkan Oleh: Cholik Dermawan
Diberdayakan oleh Blogger.