IKLB Jabar Adakan Donor Darah dan Pengobatan Gratis

KATALAMPUNG.COM - Ikatan Keluarga Lampung Bandung (IKLB) Jawa Barat (Jabar) mengadakan kegiatan donor darah dan pengobatan gratis di Sekretariat IKLB, Jumat (11/5). 

IKLB Jabar Adakan Donor Darah dan Pengobatan Gratis


Kegiatan tersebut diadakan dalam momentum pertemuan rutin anggota IKLB Jabar untuk meningkatkan silaturahmi, mempererat persaudaraan, meningkatkan Ukhuwah Islamiyah dan lebih mendekatkan diri antara anggota dan masyarakat Bandung, sehingga tercipta kerukunan hidup bermasyarakat yang bermoral, bermartabat, beretika serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan antar warga masyarakat Lampung di Bandung.

Kegiatan donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung dan kegiatan Pemeriksaan Pengobatan  Gratis bekerjasama dengan Badan Penghubung Provinsi Lampung yang diwakili Oleh Ibu Iryanti SH, serta yayasan Peduli Generasi Lampung oleh Firmansyah S.Pd.

Menurut Ketua IKLB Jabar Syafrial, didampingi Alfian (Wakil Ketua) dan Aldi (Sekretaris Jenderal) IKLB Jabar tak henti-hentinya memaparkan terus visi misi dan tujuan organisasi ini kepada anggota. Tujuannya, agar visi misi ini tertanam di seluruh pengurus dan anggota sehingga dapat bersama sama mewujudkannya. Tujuan IKLB ada tiga yakni Pemberdayaan ekonomi kreatif yang berorientasi pada ide, kreatifitas, dan inovasi penggerak pertumbuhan ekonomi anggota IKLB. Kedua, menjaga dan melestarikan adat budaya Lampung di manapun berada, karena  adat dan budaya itulah sebagai identitas masyarakat Lampung serta keberagaman adat istiadat di bumi Nusantara merupakan kekayaan nasional yang harus dilestarikan. 

Hal ini sesuai dengan amanat Pasal 18 ayat b UUD 1945. Dan ketiga, Pemerintah, baik Provinsi Lampung maupun Kabupaten/Kota menyamakan visi dan misi, bagaimana membuat suatu cara yang efektif dengan cara memanfaatkan masyarakat rantau. 

"Hal ini dimaksudkan untuk ikut membangun Lampung secara bersama-sama agar dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Provinsi Lampung ke depan," kata Syafrial.

Firmansyah S.Pd  dari Yayasan Peduli Generasi Lampung  mejelaskan Kegiatan Bakti Sosial  IKLB Jabar ini  sangat baik  dan melibatkan seluruh stakeholder, diharapkan menjadi solusi terbaik dalam memberdayakan sosialisasi kesehatan masyarakat rantau Lampung. 

"Saya berharap Baksos ini bisa diselenggarakan oleh IKLB setiap tahun sebagai program kepedulian untuk masyarakat lampung rantau serta Pemerintah Provinsi Lampung dapat mensupport program program IKLB Jabar baik pada bidang ekonomi kretaif dan bidang kemanusian lainnya," ujarnya.

Rangkaian kegiatan diadakan di Sekretariat IKLB Jabar, yaitu donor darah dari PMI Kota Bandung dan Yayasan Peduli Generasi Lampung. Dalam kegiatan ini dilakukan pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat, dan cholesterol serta Haemoglobin (HB). 

Setelah pemeriksaan dilakukan maka barulah dokter memeriksa dan memberikan resep obat kepada masyarakat sesuai penyakit yang dikeluhkannya. Obat yang tersedia di tempat pelayanan juga diberikan secara cuma-cuma sehingga tidak ada uang sepeserpun yang dikeluarkan dari warga yang datang. 

Tim kesehatan Yayasan Peduli Generasi  Lampung juga juga membuka konseling bagi anggota IKLB, Di sini anggota  dapat mengeluhkan penyakit yang dideritanya sebelum pengobatan dilakukan.

Hadir dalam kegiatan ini PMI, Badan Pengubung Provinsi Lampung  dan Yayasan Peduli Generasi Peduli Lampung. (Humas Prov)
Diberdayakan oleh Blogger.