Panwascam Nilai Pembagian Puluhan Ekor Kambing Dan Ayam Murni Kegiatan Baznas

KATALAMPUNG.COM – Ahmad Burhanudin, Kordiv Pencegahan dan Hubungan antar Lembaga (PHL) Panwascam Banyumas Kabupaten Pringsewu saat di temui awak media, Sabtu (26/5/2018) di kantor sekertariat Panwascam setempat mengatakan bahwa kegiatan pembagian kambing dan ayam pada Jum’at (25/5) adalah murni kegiatan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Lampung.


Panwascam Nilai Pembagian Puluhan Ekor Kambing Dan Ayam Murni Kegiatan Baznas


Pernyataan itu terkait adanya dugaan Tim paslon Gubernur nomor urut 1 yang membagi-bagikan puluhan ekor kambing dan ratusan ayam di pekon Banyu Urip, kecamatan Banyumas, kabupaten Pringsewu pada hari Jum’at (25/5) kemarin.

“Kita dari Panwascam dan PPL dengan adanya informasi kegiatan itu langsung terjun ke lapangan. Kita mengadakan pengawasan dan pemantauan di sekitar lokasi. Acara tersebut memang mutlak kegiatan dari Baznas dan ketika di ceramahpun kita tidak menemukan adanya ucapan, ajakan, himbauan atau ajakan untuk memilih ke salah satu paslon,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan acara tersebut memang mutlak kegiatan Baznas Lampung. Dengan membagikan berupa zakat, infak dan sodakoh yang akan di berikan pada yang berhak menerima.

“Untuk sementara dugaan adanya pemberian dari salah satu paslon itu kami tidak menemukan kalo ada kami pasti ada tindak tegas,” ucapnya.

Dan terkait Alat Peraga Kampanye (APK) Ahmad Burhanudin mengatakan, pada awalnya memang ada informasi yang masuk ke mereka bahwa ada APK salah satu paslon yang ada di lokasi.

“Tapi ketika kami sudah sampai di lokasi acara itu, kami langsung melakukan penyisiran lokasi dan kami tidak menemukan APK tersebut. Tapi memang informasi yang masuk ke kami itu lokasinya berbeda dengan tempat kegiatan karena kalau saya liat APK itu terdapat di kediaman pak Kadarmanto selaku pak Kaum di mana lokasi rumahnya itu di tempati untuk menitipkan kambing dan ayam yang akan di salurkan kepada masyarakat,” kata Ahmad.

Sementara lokasi acara berada di kediaman Marsono yang lokasinya tiga rumah dari belakang rumah Kadarmanto.

“Menurut Kadarmanto spanduk tersebut untuk menutupi kambing karena akan turun hujan, dan pemasangannya pun pak Kadarmanto juga sudah berkonsultasi dengan warga masyarakat disitu serta untuk memasang sepanduk itu gambarnya dibagian atas. Tapi setelah hujan reda dimungkinkan karena banyaknya warga yang mainan di situ dan talinya putus. Hingga bagian spanduk itu jatuh dan terlihatlah gambar salahsatu paslon, tetapi kami tetap akan memantau terus kegiatan menjelang pilgub,” jelas Ahmad Burhanudin.

Di hari yang sama, hal serupa juga disampaikan oleh Kadarmanto selaku Kaum di pekon tersebut yang mana lokasi rumahnya di tempatkan titipan puluhan kambing dan ratusan ayam.

“Memang benar kambing dan ayam tersebut dititipkan di tempat kami oleh Baznas dari Provinsi untuk dibagikan dan ini murni kegiatan dari Baznas dan tidak ada kaitanya ke salah satu paslon,” ujarnya.
Diberdayakan oleh Blogger.