Selain Gerhana Bulan Total, Akan Terjadi Juga Oposisi Mars dan Hujan Meteor Delta Aquarid

KATALAMPUNG.COM – Fenomena Gerhana Bulan Total puncaknya diperkirakan akan terjadi pada Sabtu, 28 Juli 2018, pukul 03:21 WIB dini hari. Namun, menariknya, di waktu yang sama, bukan hanya gerhana bulan yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Ada juga fenomena Oposisi Mars dan Hujan Meteor Delta Aquarid.

Selain Gerhana Bulan Total, Akan Terjadi Juga Oposisi Mars dan Hujan Meteor Delta Aquarid
Oposisi Mars dari tahun ke tahun. Sumber: langitselatan.com


Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Observatorium, sekaligus Dosen Sains Atmosfer dan Keplanetan Insitut Teknologi Sumatera (Itera) Robiatul Muztaba, S.Si., M.Si, Kamis, 26 Juli 2018.

Menurutnya, Oposisi Mars adalah fenomena ketika Planet Mars, Bumi, dan Matahari berada dalam satu garis, dan Planet Mars berada pada titik terdekat dengan Bumi.

“Dampak dari fenonena oposisi planet mars ini yaitu Planet Mars akan terlihat lebih besar dan lebih terang jika di amati dari Bumi. Tentu saja hanya bisa diamati menggunakan teleskop,” kata Robiatul.

Fenomena lain, yakni Hujan Meteor Delta Aquarid yang juga bisa dinikmati oleh masyarakat. “Tentu saja jika kondisi langit cerah,” ungkapnya.

Menjelang Gerhana Bulan Total, menurut Robiatul, pihaknya melalui Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) akan membuka edukasi malam publik, dan Astro Camp. “Mulai sekitar pukul 20.00 WIB, kita akan menyediakan fasilitas 7 teleskop agar masyarakat juga turut serta dapat mengamati fenomena ini,” urainya.(cholik)
Diberdayakan oleh Blogger.