Penuhi Janji, PLN Gerak Cepat Operasikan PLTG Sutami

KATALAMPUNG.COM – PLN Lampung memenuhi janjinya dengan mengoperasikan PLTG Sutami sebesar 30 MW pada Minggu, 2 September 2018 kemarin.  Seperti diketahui bersama, kondisi kelistrikan Lampung mengalami kekurangan daya hampir 140 MW pasca terbakarnya belt conveyor PLTU Sebalang yang mengakibatkan non-aktifnya PLTU Unit 1 dan 2 di Sebalang beberapa pekan lalu.



Penuhi Janji, PLN Gerak Cepat Operasikan PLTG Sutami



Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Distribusi Lampung, Hendri AH menjelaskan bahwa saat ini daya mampu pembangkit lokal Lampung di angka 612 MW didukung dengan transfer dari Sumbagsel sebesar 300 MW sehingga total daya mampu Lampung sebesar 912 MW.

Baca Juga: Antisipasi Defisit, PLN Lampung Minta Gunakan Listrik Secara Bijak

Kondisi ini digunakan untuk melayani Pelanggan se-Provinsi Lampung dengan beban puncak mencapai 1000 MW, sehingga Lampung masih kekurangan daya 88 MW yang menyebabkan masih adanya pemadaman bergilir di waktu beban puncak yakni pukul 17.00 – 23.00.

“Dengan beroperasinya PLTG Sutami 30 MW, saat ini kekurangan daya sistem Lampung menjadi sekitar 58 MW. Hal ini tentunya menjadi berita baik bagi masyarakat Lampung, karena waktu pemadaman bergilir dapat diminimalisir,” ujar Hendri AH, Senin (3/9).

“Pengoperasian PLTG Sutami ini menjadi bukti nyata bahwa PLN bergerak cepat mengatasi kekurangan daya akibat musibah terbakarnya conveyor belt di PLTU Sebalang. Akan menyusul masuk sistem, PLTG New Tarahan sebesar 24 MW, sehingga angka pemadaman bergilir benar-benar bisa ditekan lagi,” jelas Hendri.

Di sisi lain, PLN juga tengah mengupayakan percepatan pemulihan PLTU Sebalang dengan memaksimalkan seluruh sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten yang bekerja 24 jam non-stop dan mengerahkan segala peralatan ke lokasi kerusakan.

“PLN saat ini melakukan mobilisasi SDM secara maksimal dan menggunakan peralatan dari pembangkit lain sebagai upaya percepatan pemulihan terhadap instrumen pembangkit yang ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan,” jelas Hendri.

Baca Juga: PLTG New Tarahan Masuk Sistem, PLN Optimis Listrik Lampung Normal

“Segala upaya yang kami lakukan ini adalah bentuk dedikasi kami agar Pelanggan PLN tetap dapat menikmati listrik. Atas nama manajemen PLN Distribusi Lampung, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Dan tentunya tidak henti-hentinya kami mohon dukungan dan doa seluruh stakeholders PLN agar proses recovery dapat berjalan lancar tanpa hambatan,” tutup Hendri.(rls)
Diberdayakan oleh Blogger.