Gubernur M. Ridho Ficardo Akan Promosikan Kopi Lampung di Hari Kopi Internasional

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Hari Kopi Internasional yang jatuh pada 29 September nanti akan dijadikan momen promosi besar-besaran Kopi Robusta Lampung. Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo bahkan mengajak penikmat kopi untuk merayakan Hari Kopi Internasional tersebut. Salah satunya, akan menggelar acara minum kopi gratis bagi yang hadir pada perayaan yang dimulai 29 September di Paradise Hall, Novotel. Kemudian dilanjutkan kegiatan lain hingga puncaknya 1 Oktober 2017.

Gubernur M. Ridho Ficardo Akan Promosikan Kopi Lampung di Hari Kopi Internasional
Foto: Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo

Selain menggelar acara yang dikemas sendiri oleh panitia Hari Kopi Internasional, Gubernur Ridho juga berharap masyarakat bisa berpartisipasi aktif untuk merayakan sekaligus mempromosikan Kopi Robusta Lampung. 

"Untuk merayakan Hari Kopi Internasional, bisa digelar juga di berbagai tempat seperti kafe, restoran, rumah makan, dan tempat kuliner lainnya dengan menawarkan kopi robusta Lampung kepada tamu," ujar Gubernur Ridho Ficardo.

Dia mengatakan, target kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan konsumsi lokal kopi Lampung. Pemerintah Provinsi Lampung telah mendorong masyarakat Lampung usia dewasa untuk mengonsumsi berbagai rasa dan varian Kopi Lampung.

Perayaan Hari Kopi Internasional, dilanjutkan Gubernur, adalah upaya Pemprov Lampung untuk mengingatkan kembali program rehabilitasi kopi yang dicanangkan Wakil Presiden RI pada 2014. Dalam pencanangan tersebut, ditargetkan produktivitas kopi Lampung dapat meningkat sampai di atas 1 juta ton per hektar. Tanaman Kopi yang sudah berusia lebih dari 30 tahun harus diganti dengan tanaman yang lebih produktif.

Dengan rehabilitasi tanaman kopi, selain supaya bisa meningkatkan kesejahteraan petani kopi, juga untuk membangun Destinasi Wisata Kopi.  "Kita berharap nantinya Perkebunan Kopi yang ada dan sudah direhabilitasi bisa dijadikan sebagai destinasi wisata. Ini sejalan dengan tiga program prioritas pembangunan Lampung, pertanian, industri, dan pariwisata," kata Gubernur.(rls)
Diberdayakan oleh Blogger.