Dovizioso Raih Juara Pertama, Marquez Finish Keempat MotoGP, Sepang, Malaysia.

MALAYSIA, katalampung.com - Dovizioso menjaga asa Juara dunia tetap hidup setelah memenangi balapan MotoGP, Sepang, Malaysia, Minggu, 29 Oktober 2017. Marquez harus menunda perayaan juara dunianya setelah  hanya mampu finish diposisi ke empat pada seri ini. Dua puluh lima poin tambahan untuk Dovi dari  hasil kemenangan ini membuat selisih poin di papan klasemen sementara antara Marq Marquez dan Andrea Dovizioso menjadi 21 poin.
 
Dovizioso  Raih Juara Pertama, Marquez Finish Keempat MotoGP, Sepang, Malaysia.


Balapan selama dua puluh lap ini dihelat dalam kondisi basah pasca hujan deras yang mengguyur lintasan sebelum balapan dimulai. Rekan satu tim Dovi di Ducati, Jorge Lorenzo, finish diposisi kedua dan diposisi ketiga ditempati pembalap Tech 3 Yamaha Johan Zarco.

Selepas start  Zarco langsung melesat di posisi terdepan diikuti Marquez, Pedrosa, dan Lorenzo. Tak lama berselang Lorenzo mengambil alih posisi dua dengan menyalip Marquez dan Pedrosa Sekaligus.  Dengan settingan ban soft Zarco berusaha meninggalkan pembalap dibelakangnya, Zarco berusaha memenangi balapan pertamanya di kelas MotoGP.

Pada lap ketiga Dovizioso menempel ketat Marq Marquez untuk perebutan posisi ketiga. lap keempat Dovi berusaha mengambil alih posisi 3 dengan menyalip Marquez pada tikungan 14, namun usahanya belum berhasil karena ia sedikit melebar dan Marquez berhasil mengambil alih posisinya kembali. Dovi tidak putus asa, pada lap kelima Dovi kembali berusaha mengambil sisi dalam saat adu late braking dengan Marquez, dan kali ini dengan mulus ia berhasil mengambil alih posisi  tiga dari Marquez.

Sebelas lap tersisa performa Zarco mulai menurun akibat daya cengkram bannya mulai habis karena menggunakan settingan  ban soft. Alhasil pada lap tersebut Lorenzo dan Dovi berhasil menyalip Zarco dan mengambil alih posisi satu dan dua.

Empat lap tersisa Lorenzo melakukan kesalahan pada tikungan terakhir, motor Ducati yang dikendarainya melebar saat keluar tikungan dan Dovi berhasil mengambil alih pimpinan dari Lorenzo saat adu kecepatan di trek lurus. Dovi terus meningkatkan performanya pada  tiga lap terakhir, dan tak terkejar hingga garis finish.

Usai balapan Dovi mengungkapkan rasa syukurnya dengan hasil ini ”Lorenzo mencoba mendorong saya dipertengahan lomba tapi saya punya kecepatan yang bagus dan saya berhasil mempertahankannya. Saya sempat kehilangan cengkraman ban depan beberapa kali. Tadi sangat susah tapi motor kami bekerja sangat baik dalam kondisi basah. Ini adalah akhir pekan yang sempurna. Terima kasih untuk tim,” ujar Dovi.

Berbeda dengan rider  tim satelit Yamaha, Johan Zarco, yang tampil impresif pada balapan kali ini. Hal terbalik justru ditunjukkan oleh pembalap dari tim Pabrikan Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Setelah tercecer diposisi ke-13 pada awal balapan, Rossi harus berjuang keras hingga akhirnya ia finish di posisi ke-7. Maverick Vinales tampil lebih  buruk pada race kondisi basah kali ini, dia hanya mampu di posisi ke-9 karena performa buruk motornya pada setiap wet race.

Dengan hasil balapan kali ini, penentuan Juara dunia akan ditentukan di seri terkahir gelaran MotoGP di sirkuit Valencia, Spanyol, Minggu, 12 November 2017 nanti.

Dilaporkan Oleh: Fadilah Hasan

Diberdayakan oleh Blogger.