Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

SPANYOL, katalampung.com - Marc  Marquez resmi menjadi juara dunia MotoGP 2017 setelah finish di posisi ketiga di seri penutup balapan MotoGP seri Valencia, Spanyol.  Diusianya yang kedua puluh empat ia berhasil merengkuh juara dunia yang keempat di kelas MotoGP atau yang keenam di semua kelas.


Marc Marquez Juara Dunia MotoGP 2017


Dani pedrosa berhasil menjadi yang pertama menyentuh garis finish setelah duel sengit dengan Johan Zarco di lap terkahir.

Balapan yang berlangsung selama 30 lap ini diwarnai dengan banyak  drama. Selepas start, Marquez langung memimpin jalannya balapan, diikuti Zarco dan Pedrosa. Duo Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso di posisi keempat dan kelima.

Pada lap kedua, Marquez terlihat menoleh kebelakang untuk mengecek dimana posisi Dovizioso, dan pada saat yang bersamaan Johan Zarco mengambil alih posisi pertama dari Marquez. Pada balapan akhir ini Marquez terlihat lebih tenang dan tidak mau mengambil banyak resiko seperti pada balapan-balapan sebelumnya.

Sementara Dovi yang harus menang pada balapan kali ini mengalami kesulitan menyalip rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Lorenzo terlihat ngotot dan tidak mau memberikan posisinya kepada rekin setimnya tersebut.  Pada lap ke-12 Tim ducati mengirimkan pesan “Maping 8” ke dashboard Ducati milik Lorenzo. Pesan yang sama seperti pada race di Sepang lalu, untuk meberikan posisinya kepada Dovi. Sebagai informasi Team Order  atau pengaturan posisi pembalap pada saat balapan tidak dilarang dalam MotoGP.

Delapan lap tersisa kejutan sempat terjadi, Marquez yang mengambil alih posisi pertama dari Zarco melebar saat hard braking di tikungan pertama dan sempat keluar ke gravel, namun ia berhasil mengontrol motornya dan kembali keposisi lima.

Dua lap selanjutnya balapan harus berakhir untuk tim Ducati, nasib naas menimpa kedua pembalapnya Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Mereka berdua  terjatuh saat berusaha memaksakan motornya  mendekati grup terdepan untuk persaingan juara satu. Jatuh nya Dovizioso membuat Marquez memastikan juara dunia keempatnya dengan finish di posisi ketiga.

Zarco yang memimpin balapan dari lap kedua dan berusaha menjadi juara di kelas MotoGP untuk pertama kalinya harus puas finish di posisi kedua setelah disalip Dani Pedrosa pada lap terakhir. Pedrosa yang dengan cerdik menjaga ritme di posisi ketiga dibelakang Zarco dan Marquez melakukan agresinya dengan menyalip Zarco pada tikungan pertama lap terkahir. Pedrosa berhasil menjaga jarak dan berhasil menjadi yang pertama menyentuh garis finish.

Marquez finish di posisi ketiga dengan jarak 10 detik dari Dani Pedrosa. Ditempat keempat diisi pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins dan ditempat kelima diraih oleh pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi.

Hasil balapan dan Klasemen Akhir Motogp Seri Valencia Spanyol:

1. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda (RC213V) 46m 8.125s

2. Johann Zarco FRA Monster Yamaha Tech3 (YZR-M1)* 46m 8.462s

3. Marc Marquez ESP Repsol Honda (RC213V) 46m 18.986s

4. Alex Rins ESP Suzuki Ecstar (GSX-RR)* 46m 21.692s

5. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha (YZR-M1) 46m 21.942s

Klasemen akhir:

1. Marc Marquez  ESP  Repsol Honda 298 poin

2. Andrea Dovizioso ITA Ducati 261 Poin

3. Maverick Vinales ESP Movistar Yamaha  230 poin

4. Dani Pedrosa  ESP Repsol Honda 210 poin

5. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha 208 poin 

Dilaporkan Oleh: Fadilah Hasan
Diberdayakan oleh Blogger.