Stok Langka, Harga Bibit Ikan Naik

METRO, katalampung.com - Para Petani Bibit Ikan di Kota Metro mulai sumringah. Pasalnya, harga bibit ikan lele di Kota Metro terus melejit menyentuh angka 15ribu/gelas. Dibandingkan sebulan lalu yang hanya 10rb/gelas, petani tentunya bahagia.

Foto Katalampung.com - Bibit Ikan Lele ukuran 3-5 cm yang mengalami kenaikan signifikan.

Supar (42), petani bibit ikan lele yang ditemui Katalampung.com dikediamannya mengaku, naiknya harga bibit ini disebabkan anjloknya stok bibit ikan. Sebab, sudah dua bulan ini para petani bibit ikan lele mengeluh jika peliharaannya banyak mati terserang penyakit.

Selain itu, meningkatnya permintaan bibit dari luar daerah Lampung juga memicu naiknya harga bibit. "Ini pedagang dari Baturaja dan Martapura sampe dateng kesini. Mungkin mereka nggak percaya kalau di sini sedang susah. Banyak petani nggak punya ikan. Punya juga sedikit habis kena penyakit," ujarnya.

Selain itu, menurut Supar, kenaikan harga ini juga karena banyak petani yang tidak melakukan pemijahan karena kekurangan stok air. "Petani di Batanghari lagi kesulitan air. Bibit di sana juga lagi susah. Mungkin harga bibit bisa naik lagi," tambah dia.

Sementara itu, Rasyid, pedagang Ikan lele untuk konsumsi mengaku saat ini harga ikan masih stabil. "Nggak ada kenaikan. Masih sama, masih 20 ribu per kilo untuk ikan lele. Kalau konsumsi mah jarang naik, harganya stabil. Walau bibit langka juga nggak ngaruh," kata pedagang yang mangkal di Pasar Metro ini. (nai)
Diberdayakan oleh Blogger.