Gulirkan Gerakan Lampung Gemar Membaca, Pemprov Gelar Road Show dan Bedah Buku

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Dalam rangka Peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca 2017, Pemprov Lampung menggelar road show dan bedah buku dengan tema “Kita Wujudkan Masyarakat Lampung Gemar Membaca,”. Acara tersebut dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rabu (20/09).

Gulirkan Gerakan Lampung Gemar Membaca, Pemprov Gelar Road Show dan Bedah Buku
Dokumentasi Humas Provinsi Lampung

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Harun Al-Rasyid membacakan sambutan Gubernur Lampung Ridho Ficardo. Dalam sambutannya, Al-Rasyid mengatakan kegiatan yang dilaksanakan itu untuk memotivasi dan meningkatkan minat baca masyarakat khususnya bagi anak-anak. Sekaligus sebagai ajang pengenalan dan pemanfaatan perpustakaan.

Ketersediaan sumber belajar seperti bahan bacaan dan kemudahan aksesnya, disinyalir sebagai penyebab rendahnya minat baca. Faktor keluarga dan lingkungan juga memiliki peran penting dalam menumbuhkan minat baca.

Dengan keadaan seperti itu, Pemprov Lampung berupaya agar masyarakat dan anak-anak memiliki keinginan membaca. Orang tua sangat berperan dalam membina dan mengajarkan anak-anak untuk gemar membaca. Walaupun saat ini dunia telah memasuki era digital, namun buku masih memiliki andil. Oleh sebab itu, Al-Rasyid berpesan agar Pemerintah kabupaten/kota perlu membangun perpustakaan sebagai tempat membaca bagi anak didik.

Perpustakaan, kata Al-Rasyid harus berupaya memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Penyediaan sarana dan prasarana yang lengkap. Seperti tersedianya ruang internet, tempat membaca yang nyaman dan ruangan yang didesain khusus untuk anak dan lainnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Herlina Warganegara menyampaikan bahwa maksud acara Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca yaitu untuk menarik minat masyarakat agar senang membaca dan datang ke perpustakaan guna meningkatkan pengetahuan.

"Acara ini untuk memotivasi masyarakat sejak anak usia dini agar cinta perpustakaan, mendorong siswa memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana menimba ilmu pengetahuan, dan menumbuh kembangkan minat baca anak sehingga terwujud generasi Gemar membaca," kata Herlina Warganegara.

Sebelumnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung menggelar rangkaian lomba. Juara lomba perpustakaan desa/ kelurahan terbaik tingkat Provinsi yaitu  Rumah Pintar Talangjawa, Lampung Selatan, Juara Lomba Perpustakaan SLTA terbaik tingkat Provinsi Lampung SMAN 9 Kota Bandarlampung. 

Juara Lomba Bercerita bagi siswa SD/MI tingkat Provinsi Lampung Arya Triyono asal SDN 1 Pringsewu, Juara Lomba pustakawan Berprestasi se-Provinsi Lampung Luckty Giyan Sukarno dari SMAN 2 Metro, Juara Lomba Pidato Bahasa Lampung siswa SMP se Provinsi Lampung Andriyan Saputra asal SMPN 1 Sukau Lampung Barat, Juara Lomba menggambar siswa SD Carbela Zahra siswi SD Muhammadiyah 1 Bandarlampung dan Juara Lomba Roket Air bagi siswa SMP M. Zidan Alfarizi siswa SMP Muhammadiyah 3 Bandarlampung.

Selanjutnya pada 28 september 2017 mendatang akan dilaksanakan pencanangan Lampung Membaca yang akan dihadiri Najwa Shihab yang juga Duta Baca Indonesia dan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (rls)
Diberdayakan oleh Blogger.