Banjir di Tanjung Tirto Way Bungur Semakin Meninggi, Warga Diungsikan

LAMPUNG TIMUR, KATALAMPUNG.COM - Banjir di sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Timur sudah mulai berangsur surut, namun hal ini berbeda dengan bencana banjir yang terjadi di desa Tanjung Tirto Kecamatan Way Bungur Lampung Timur pada Selasa (27/02/2017). Bencana banjir di wilayah itu meninggi mulai pukul 7 pagi. Air semakin meninggi hingga mencapai ketinggian tiga meter. 

Banjir Tanjung Tirto Way Bungur Semakin Meninggi, Warga Diungsikan

Akibatnya, bencana banjir ini semakin meluas dan merendam pemukiman warga serta sarana umum, seperti tempat ibadah dan tempat pendidikan sekolah dasar. Bahkan, Posko Tanggap Bencana Banjir yang menjadi posko awal pengungsian pun akhirnya ikut serta di genangi air.

Kepala Desa Tanjung Tirto Sugianto menuturkan, akibat bencana banjir ini, ratusan rumah  tergenang banjir dan saat ini warga telah diungsikan. Untuk kerugian yang dialami warganya diperkirakan mencapai milyaran rupiah. Mengingat selain peralatan rumah tangga terdapat ratusan hektar tanaman padi yang telah terendam banjir.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus melakukan pendataan jumlah warga yang masih terkena dampak musibah banjir ini. Sedangkan untuk laporan korban jiwa, di pastikan tidak ada.

Di tempat terpisah kepala BPBD Lamtim Tri Pranoto melalui sambungan telpon pribadinya menjelaskan, banjir yang terjadi di Tanjung Tirto ini merupkan kiriman dari Way Sukadana dan Way Batang Hari. Adapun sebanyak 280 KK laporan yang masuk ke BPBD akibat bencana banjir ini.

Bantuan sementara dari BPBD yaitu tenda pengungsian 2 unit, tenda posko 1, perahu evakuasi 3 unit. Dalam bencana banjir ini, BPBD juga bekerja sama dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas sosial, Dinas Kesehatan, PP muhamdiah, Tagana, Senkom Polres dan sejumlah elemen masyrakat luar daerah juga ikut membantu.

Dilaporkan Oleh: Jhoni Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.