Kadis Pariwisata Lampung Timur Diduga Sarankan Bawahan Minta Setoran Kepada Rekanan

KATALAMPUNG.COM - Kepala Dinas Pariwisata Lampung Timur, Almaturidi, diduga menyarankan bawahannya untuk minta uang setoran proyek terhadap sejumlah rekanan yang mendapat proyek di dinas tersebut.



Kadis Pariwisata Lampung Timur Diduga Sarankan Bawahan Minta Setoran Kepada Rekanan
Foto: ilustrasi


Hal ini disampaikan Anton warga Desa Negara Nabung, Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), kepada sejumlah awak media, Rabu (25/4).

Anton menjelaskan, bahwa setiap rekanan yang dapat proyek di Dinas Pariwisata harus setor uang sebesar 20 persen dari nilai pekerjaan yang ada di dinas tersebut. Besaran setoran proyek tersebut disampaikan melalui salah satu stafnya.

“Kalau para rekanan mau dapat proyek dari dinas tersebut, maka diwajibkan harus setor 20 persen. Pokoknya dari nilai pekerjaan Rp40 juta sampai Rp400 juta. Rekanan harus setor dan itu sesuai perintah yang disampaikan kadis ke pegawai yang mengurusi pekerjaan yang ada di dinas tersebut. Kalau setorannya nggak diberikan, maka perusahaan dari rekanan tidak akan diterima atau diproses,” ungkap Anton.

Masih dikatakan Anton, selain meminta setoran proyek, Almaturidi juga diduga kuat ikut terlibat dalam pekerjaan proyek yang ada, melalui orang-orang terdekatnya. Banyak proyek di Dinas Pariwisata yang dikerjakan Almaturidi melalui orang-orang terdekatnya.

“Saya selaku masyarakat Lamtim dan juga salah satu rekanan wajar mempertanyakan etika dan kinerja seorang kadis tersebut. Saya memang agak kecewa sama kinerja kadis yang terkesan korup seperti itu, sudah gitu tingkah lakunya juga seperti preman. Saya pernah hendak mengajak ngobrol Kadis Pariwisata Almaturidi tersebut. Saat bertemu, bukannya kita mendapat senyuman atau sapa, malah dia mendorong saya hingga hampir terjatuh. Pernah saya hendak mengajak Alamaturidi untuk mengobrol, tetapi ketika berhadapan dengannya, saya langsung di dorongnya dan kejadian itu pas di depan umum,” ucapnya.

Sebenarnya, kejadian atau permasalahan yang ada di Dinas Pariwisata tersebut sudah pernah disampaikan langsung pada Sekda Lamtim, Syahrudin Putera. Namun Sekda Lamtim terkesan ada pembiaran. “Yang jelas, saya berharap kepada sekda waktu itu ada teguran yang dilakukan terhadap kadis itu, tetapi malah tidak ada tanggapan,” ungkapnya.

Baca Juga: Kadis Pariwisata Lampung Timur Bantah Tudingan Rekanan


Dilaporkan oleh: Jhoni Saputra
Diberdayakan oleh Blogger.