Rektor UIN Raden Intan Lampung Pimpin Peringatan Hari Santri Nasional

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Segenap sivitas akademika kampus UIN Raden Intan Lampung melaksanakan apel dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2017, di halaman Rektorat UIN Raden Intan Lampung, Senin (23/10/2017). Apel ini dipimpin langsung oleh Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag.

Rektor UIN Raden Intan Lampung Pimpin Peringatan Hari Santri Nasional


“Penetapan tersebut (Hari Santri) merupakan pengakuan dan penghargaan terhadap kontribusi santri yang sangat signifikan untuk mempertahankan dan merebut kemerdekaan. Ini harus menjadi kesadaran kita bersama,” kata Prof. Mukri saat menyampaikan amanat pada apel tersebut.

Menurutnya, meski tidak semua peserta apel pernah tinggal di pondok pesantren, tetapi kita semua sebagai muslim Indonesia adalah santri. “Jadi muslim yang memahami kultur-kultur yang hidup di Indonesia. Oleh karena itu, santri itu tidak mudah diadu domba. Tidak mudah diprovokasi. Karena ada orang Islam tapi tidak merasakan Indonesia,” kata Rektor.

Prof. Mukri menambahkan, Islam Indonesia saat ini Islam yang paling diterima karena dapat berdampingan dengan paham-paham yang berbeda bahkan dengan agama-agama dan kultur yang berbeda. “Hari kita dapat melihat di Timur Tengah tiada hari tanpa letupan bom. Bahkan Arab Saudi meletuskan bom di Yaman. Dan Alhamdulillah di Indonesia tidak terjadi hal seperti itu,” ungkapnya.

Apel ini juga untuk mendoakan para ulama, santri, dan pejuang kemerdeaan Indonesia yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Di samping itu, doa juga dipanjatkan untuk bangsa ini agar tentram, aman dan sejahtera.(hril)
Diberdayakan oleh Blogger.