Segudang Prestasi FEB Unila Dibawah Komando Satria Bangsawan

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Dalam sejarahnya, Fakultas Ekonomi dan Hukum merupakan fakultas tertua di Universitas Lampung. Fakultas Ekonomi berdiri pada tahun 1960-1961. Saat itu, Fakultas Ekonomi hanya memiliki dua program jurusan yaitu Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahaan.

Segudang Prestasi FEB Unila Dibawah Komando Satria Bangsawan
Foto katalampung.com -  Satria Bangsawan (kanan) saat mendamping Tim Akreditasi BANPT

Saat ini, Fakultas Ekonomi Unila sudah berganti nama menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). FEB sendiri memiliki sebelas program jurusan yang terdiri dari tiga jurusan S1 yaitu Manajemen, Akuntasi dan Ekonomi Pembangunan. Tiga jurusan magister diantaranya Magister Manajemen, Magister Ilmuekonomi dan Magister Ilmu Akuntansi. Sedangkan untuk program jurusan Diploma, ada empat jurusan yaitu Keuangan dan Perbankkan, Manajen Pemasaran, Akuntansi dan Perpajakan.

Dibawah kepemimpinan Prof. Dr. Satria Bangsawan , SE,M.Si, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, memiliki banyak prestasi dalam lingkup regional, nasional maupun internasional.

Itu terbukti dengan pencapaian akreditasi yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi nasional perguruan tinggi ( BAN PT) kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung. Dari sebelas program jurusan, delapan jurusan mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT dan dua magister mendapatakan Akreditasi B dari BAN-PT.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila pun menjadi yang pertama dilingkungan Universitas dalam mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008, pada tahun 2011 yaitu untuk jurusan Strata 1 (SI) Manajemen, Ekonomi Pembangunan dan Akuntansi. Tidak berhenti hanya prestasi itu, FEB Unila pun menjadi satu-satunya program S2 diluar Pulau Jawa yang terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) dan mendapatkan sertifikat ISO 9001-2008 dari UKAS di tahun 2012. Sedangkan untuk Magister Akuntansi dan Magister Ilmu Ekonomi mendapatkan akreditasi B .

Satria pun mengungkapakan, sejak tahun 2013, FEB Unila menjadi anggota Abest 21 yaitu Badan Akreditasi Internasional untuk sekolah bisnis, yang terpusat di Tokyo Jepang dan proses Akreditasi Abest 21 didapatkan FEB Unila pada tahun 2016.

Dalam satu dua hari ini, dikatakan Satria, ada tim penilaian atau tim asesor  BAN-PT dari pusat dalam rangka Asesmen lapangan visitasi akreditasi Program Studi Magister Akuntansi.

Satria pun berharap, Program Studi Magister Akuntansi menjadi A yang sebelumnya B. "Jika  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila memiliki Akreditasi Nasional Maupun Internasional dengan nilai (A), maka akan lebih mudah untuk para mahasiswa ataupun alumni untuk bersaing dalam panggung kerja nasional maupun internasional karna kita telah diakui ataupun terdaftar," ungkapnya.(sudi)
Diberdayakan oleh Blogger.