Bupati Chusnunia Launching Perpustakaan Keliling

LAMPUNG TIMUR, katalampung.com -  “Lima, empat, tiga, dua, satu”, seru Bupati Lampung Timur, Chusnunia saat melepas balon berwarna hiaju ke udara sebagai tanda “Launching Perpustakaan Keliling” di Pelataran Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Rabu (29/11/2017).


Bupati Chusnunia Launching Perpustakaan Keliling


Acara launching yang dilaksanakan usai upacara Peringatan HUT Korpri Ke 46 tersebut juga disaksikan oleh Kapolres Lampung Timur AKBP Yudi Chandra Erliyanto, Perwira Penghubung 0411/LT Mayor Joko Subroto, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur Syahrudin Putera, beserta seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara yang turut hadir dalam upacara.

Baca Juga: Gulirkan Gerakan Lampung Gemar Membaca, Pemprov Gelar Road Show dan Bedah Buku 

Menurut Chusnunia, adanya buku di perpustakaan sangat penting, karena buku adalah jendela ilmu dan ilmu adalah jendela dunia.

“Kita berharap sekali perpustakaan keliling ini bisa bermanfaat. Terutama bisa masuk ke daerah-daerah terdepan dan membutuhkan. Sehingga anak-anak kita bisa menikmati membaca buku yang beragam, baik kreativitasnya, kemudian imajinasinya dapat bertambah dan mendapat dapat ilmu-ilmu baru,” tutur Chusnunia.

Terkait masih kurangnya Armada Perpustakaan Keliling yang dimiliki, di banding dengan luas wilayah yang ada di Lampung Timur, pemilik panggilan akrab Mbak Nunik tersebut menjelaskan, “tentu tidak menutup kemungkinan kita ingin perpustakaan keliling ini menjadi suatu hal yang tidak dipandang sebelah mata atau dianggap sesuatu yang tidak penting, tapi justru kita akan masukkan sebagai prioritas".

"Jadi kedepan akan terus kita tambah,” imbuh orang nomor satu di Kabupaten Lampung Timur itu.

Baca Juga: Gubernur M.Ridho Ficardo dan Najwa Shihab Canangkan Gerakan Lampung Membaca 

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Drs. Mulyanda mengungkapkan, “untuk penambahan armada perpustakaan keliling sudah dimasukan dalam APBD murni 2018, berupa pengadaan satu unit kendaraan roda empat dan dua unit kendaraan roda tiga”.

“Selain itu juga, sembari menunggu bantuan dari pusat yakni dari Perpustakaan Nasional berupa satu unit kendaraan roda empat,” ungkap Mulyanda.

“Kedepan juga secara otomatis kita akan mengadakan pembelian buku untuk penambahan perpustakaan keliling, baik mobil maupun bentor, dan juga untuk perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Lampung Timur,” tambahnya.

Baca Juga: Gubernur Lampung Siap Wujudkan Perpustakaan Modern Terbesar di Lampung Seluas 1,5 Hektar 

Diketahui, jumlah Armada Perpustakaan Keliling saat launching sebanyak lima unit kendaraan. Masing-masing dua unit kendaraan roda empat, dan tiga unit kendaraan roda tiga atau bentor.

Dalam pengoperasionalannya, kelima kendaraan tersebut akan dikemudikan langsung oleh para Srikandi Perpustakaan Keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atau para pegawai perempuan di dinas tersebut.
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.