BMKG Tepis Isu Gempa Susulan di Jawa Barat

JAKARTA, katalampung.com – Menyusul adanya isu yang beredar di masyarakat terkait Gempa Susulan di Jawa Barat, BMKG keluarkan klarifikasi kebenaran berita tersebut, Minggu, 17 Desember 2017.

 
BMKG Tepis Isu Gempa Susulan di Jawa Barat
Broadcast yang disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab

Melalui rilisnya,  BMKG mengatakan, sehubungan dengan adanya berita yang meresahkan dan beredar di masyarakat, yaitu "Diharap keluar rumah nanti malam pukul 22.30-23.59 dikarenakan petensi gempa susulan sebesar 7,5 SR Magnitude. Bagi yang tahu harap sebarkan berita penting ini."

Atas dasar perilaku pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut, yang mengatasnamakan BMKG, maka BMKG keluarkan beberapa pernyataan sebagai berikut:
  • Berita tersebut tidak benar dan BMKG TIDAK PERNAH menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut.
  • Berita itu hanya HOAX/ISU yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat, karena isu tersebut TIDAK mempunyai dasar ilmiah yang jelas.
  • Perlu diketahui bahwa sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, di mana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi.
  • Oleh karena itu, masyarakat dihimbau dan diharapkan tidak terpengaruh serta tidak perlu dihiraukan dengan informasi tersebut.

Dalam rilisnya, BMKG meminta kepada masyarakat yang ingin mendapatkan informasi layanan terkini dapat dilakukan dengan mengakses informasi dari BMKG. Seperti melalui: call center 021-6546316; laman website resmi BMKG http://www.bmkg.go.id; follow twitter @infobmkg; aplikasi iOS dan android "Info BMKG"; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.