Membudayakan Literasi Berasama Komunitas Gazebo Intelektual

BANDARLAMPUNG, katalampung.com - Komunitas Gazebo Intelektual menyediakan buku bacaan bagi mahasiswa Universitas Lampung yang ingin membaca dan jenuh dengan suasana perpustakaan yang sudah tua.

 
Membudayakan Literasi Berasama Komunitas Gazebo Intelektual
Dimas Dwi Pratikno

Hal itu disampaikan oleh Fadli Adam Karim yang akrab disapa Encek. Ia bersama teman-teman lainnya menginisiasi Komunitas Gazebo Intelektual. Komunitas ini diinisiasi oleh tiga orang yaitu Fadli Adam Karim, Ervan Novrizal,dan Dimas Dwi Pratikno yang merupakan mahasiswa Unila.

Menurut Ervan, Gazebo Intelektual ini buka setiap hari Senin sampai Jum’at di Gazebo Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila.

“Dimana harapannya dengan adanya komunitas ini dapat mengajak teman-teman mahasiswa untuk mulai membudayakan literasi. Karena kami melihat kondisi mahasiswa saat ini yang sudah enggan bergulat dengan buku dan berlama-lama membaca,” kata Ervan Novrizal selaku Koordinator Komunitas Gazebo Intelektual.

Ervan menilai, mahasiswa sekarang malah lebih sering buka sosmed di gadgetnya masing-masing dibanding membaca buku.

“Selain itu kami mengajak teman-teman untuk menyumbangkan buku bacaannya juga karena buku bacaan yang disediakan komunitas masih terbatas. Jangan pula takut karena nama komunitas ini Gazebo Intelektual sehingga akan muncul stigma buku yang disediakan buku-buku yang "berat" sekaligus membosankan,” seloroh Dimas.

Karena disini, kata Dimas, kita fokus untuk membudayakan literasi sehingga targetnya ialah membuat teman-teman mahasiswa senang membaca terlebih dahulu baik itu buku novel, fiksi, maupun buku mata kuliah.

“Jadi kami mengajak teman-teman untuk bersama membudayakan literasi sekaligus menerima sumbangan buku yang diberikan,” tambah Dimas.

Editor: Guntur Subing
Diberdayakan oleh Blogger.