Tahun 2018, Semua Desa Tertingal Akan Tertangani Program Gerbang Desa Saburai

BADARLAMPUNG,katalampung.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Lampung terus membangun sinergisitas pembangunan desa. Kali ini, dinas PMD melaksanakan evaluasi program Gerbang Desa tahun 2017 sekaligus pemantapan untuk tahun 2018.



Tahun 2018, Semua Desa Tertingal Akan Tertangani Program Gerbang Desa Saburai


Rapat Koordinasi dan Evaluasi antar kepala desa, Dinas PMD, dan Para pendamping Desa se Provinsi Lampung tersebut dilaksanakan di Ball Room Hotel Horison Bandarlampung, Selasa, 5 Desember 2017.

Dalam sambutannya, Yuda Setiawan selaku Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung mengatakan, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo tetap komit dalam membangun desa di Provinsi Lampung.

“Gubernur Lampung tetap komit membangun desa, meskipun di 2018 kondisi keuangan APBD Provinsi Lampung tekanannya semakin berat, karena di 2018 ada pilkada,” ujar Yuda.

Yuda juga menegaskan di tahun 2018 seluruh desa tertinggal di Provinsi Lampung akan tertangani melalui Program Gerbang Desa Saburai.

“Di tahun 2018, tantangannya akan semakin berat karena kita mengklasifikasikan desa terttinggal kedalam tiga kategori, yaitu tertinggal atas, tertinggal menengah, dan tertinggal bawah. Di tahun ke-3 dan ke-4 masuk ke lingkup desa tertinggal bawah, jadi tantangannya akan lebih berat,” imbuh Yuda

Dirinya mengharapkan adanya sinergisitas program lintas sektor dan lintas OPD. “Sinergisitas akan bermanfaat dan menjadi daya ungkit desa-desa tertingal sehingga bisa mentas dari ketertinggalannya,” tutup Yuda

Disisi lain, Drs Dedi Suryanto MM selaku Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra ditemui usai membuka acara mengakatan, Program Gerbang Desa Saburai setelah dilaksanakan dari tahun pertama, kedua, dan ketiga banyak manfaatnya yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Ternyata setelah dilaksanakan dari tahun pertama, kedua, dan ketiga, banyak manfaatnya yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” tegas Dedi

Dia juga mengharapkan, Kabupaten memberikan dana stimulan untuk membangun desa. “Kalau dari kabupaten tidak ada sama sekali ya kasihan juga, karena dari Provinsi dananya terbatas dan setiap tahun kita tingkatkan,” tutup Dedi

Dilaporkan Oleh: Guntur Siswanto
Editor: Guntur Subing
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.