Pemkab Lampung Timur Berkomitmen Wujudkan Generasi Sehat

LAMPUNG TIMUR, KATALAMPUNG.COM - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur berkomitmen mewujudkan generasi sehat. Dengan menggerakkan seluruh komponen masyarakat melaksanakan program peningkatan gizi anak dan keluarga.


Pemkab Lampung Timur Berkomitmen Wujudkan Generasi Sehat


Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur Syamsurijal menyebutkan, program peningkatan gizi anak dan keluarga yang melibatkan seluruh komponen masyarakat berupa sambang gizi.

"Kami juga meningkatkan kepedulian terhadap ibu hamil, melahirkan hingga pantauan terhadap bayi pada seribu hari pertama kehidupan," ujar Syamsurizal, Senin, 23 April 2018.

Gerakan itu dilakukan untuk mengatasi kondisi gizi buruk yang terjadi di Lampung Timur. Menurut Pemerintah Provinsi Lampung, Lampung Timur menjadi salah satu dari tiga kabupaten tertinggi gizi buruk.

Upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, hingga kini menunjukkan hasil positif. Syamsurizal menunjukkan data kasus gizi buruk di Lampung Timur selama periode 2011 sampai 2017 tercatat 35 penderita turun menjadi 14 orang.

Bahkan pada 2018, belum ditemukan kasus gizi buruk di Lampung Timur. "Dari laporan dan pantauan jajaran kami pada tahun 2018 belum ada kasus gizi buruk di Lampung Timur," katanya.

Pada bagian lain dia menjelaskan, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kasus kurang gizi. Seperti, kurangnya asupan makanan, kondisi saat melahirkan yang memprihatinkan, kondisi ibu hamil kurang gizi, menderita cacingan, serta faktor lingkungan kurang layak dengan sanitasi buruk.

Karena itu, pemberian makanan tambahan terhadap ibu hamil dan anak yang diberikan secara berkala, diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat. "Usaha ini yang digalakkan dengan menggerakkan seluruh komponen masyarakat," kata dia.

Dilaporkan Oleh: Jhoni Saputra
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.