BI: Optimisme Konsumen Terjaga Pada Survei Agustus 2018

KATALAMPUNG.COM - Survei Konsumen Bank Indonesia pada bulan Agustus 2018 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen tetap terjaga. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2018 yang tetap berada dalam zona optimis (di atas 100) yakni sebesar 121,6, meskipun lebih rendah dibandingkan 124,8 pada bulan sebelumnya.


BI: Optimisme Konsumen Terjaga Pada Survei Agustus 2018
Perkembangan Indeks Keyakinan Konsumen, Agustus 2018. Sumber: Bank Indonesia


Berdasarkan Laporan Survei Konsumen Bank Indonesia, Kamis, (6/9) diungkapkan bahwa penurunan IKK terjadi pada seluruh kelompok tingkat pengeluaran responden dengan pengeluaran Rp4,1-5 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, penurunan IKK terjadi pada hampir seluruh kelompok usia responden, terutama pada reponden berusia 51-60 tahun.

Secara spasial, sebanyak 11 kota pelaksana survei mengalami penurunan IKK pada Agustus 2018, dengan penurunan terdalam terjadi di Kota Mataram (-14,4 poin) yang ditengarai akibat dampak gempa.

Bank Indonesia dalam laporannya menilai masih terjaganya optimisme konsumen terutama ditopang oleh ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan. Hal ini didukung oleh masih kuatnya ekspektasi terhadap penghasilan yang diterima dan ekspektasi kegiatan usaha meski tidak setinggi hasil survei bulan sebelumnya.

Cerminan ini dapat dilihat pada Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) sebesar 133,9 dan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 109,2.

Hal ini mengindikasikan bahwa persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini juga masih berada pada level optimis, meskipun tidak sekuat bulan sebelumnya terutama dipengaruhi oleh indikator ketersediaan lapangan kerja. Dimana pada bulan Juli 2018 IKE sebesar 115,0.

Sementara dari sisi penghasilan, pada Agustus 2018, keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini dibanding kondisi 6 bulan yang lalu melemah, tercermin dari indeks penghasilan saat ini yang turun dari 127,3 pada bulan sebelumnya menjadi 120,2.

Penurunan indeks penghasilan terjadi pada seluruh kategori pengeluaran responden, terdalam pada responden dengan pengeluaran Rp1-2 juta per bulan. Sementara dari sisi usia, penurunan penghasilan terjadi pada hampir seluruh kategori usia, terutama pada responden berusia diatas 60 tahun.

BI: Optimisme Konsumen Terjaga Pada Survei Agustus 2018
Perkembangan Komponen Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini, Agustus 2018. Sumber: Bank Indonesia


Untuk 3 bulan mendatang (November 2018), hasil survei mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada kurun waktu tersebut diperkirakan relatif stabil. Ekspektasi terhadap perkembangan harga ke depan ini didukung persepsi positif konsumen terhadap ketersediaan barang dan jasa yang cukup memadai dan distribusi barang yang lancar.(bi/gsu)
Diberdayakan oleh Blogger.