Jembatan di Cukuh Balak Ambruk, Satu Dumptruck Terjerembab


KATALAMPUNG.COM - Jembatan penghubung Way Lunik Pekon Kubulangka Kecamatan Cukuh Balak Ambruk pada Selasa (25/9) malam. Jembatan tersebut ambruk saat dilintasi sebuah dumptruck bermuatan pasir dan besi. Dengan kejadian ini, jalan akses Kelumbayan Cukuh Barat menuju Kelumbayan Barat maupun sebaliknya terputus total.


Jembatan di Cukuh Balak Ambruk, Satu Dumptruck Terjerembab


Berdasarkan informasi yang dihimpun, kondisi dumptruck hampir melintasi jembatan. Terlihat dumptruck bernomor polisi BG 8551 UQ, dengan kondisi ban depan telah melewati jembatan, namun nahasnya, ban belakang terjerembab mengikuti ambruknya jembatan tersebut.

Warga sekitar mengatakan jembatan gelagar besi berdasar kayu kelapa tersebut memang sudah lapuk sehingga tidak kuat saat dilintasi mobil bermuatan berat.

Jembatan di Cukuh Balak Ambruk, Satu Dumptruck Terjerembab


“Kami tadi pagi saat mau ke Kota Agung bawa motor belum bisa melintasi jembatan. Terpaksa kami menyusuri sungai apa lagi kalau bawa mobil,” ungkap Ketua PPK Kelumbayan Barat Suhel.

“Hari ini kami ada agenda bersma KPU Tanggamus di Kota Agung, meskipun kondisi akses terputus ya kami tetap saja berangkat karena sudah menjadi tanggung jawab kerja. Kami berharap Pemda Tanggamus segera mengambil tindakan untuk mengatasi ini kerena kalau tiba musim hujan bisa dipastikan tidak bisa menyeberangi sungai,” ujarnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Kapolsek Cukuh Balak Polres Tanggamus Ipda Dian Afrizal, SH. MH mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun karena badan mobil terjerembab ke dalam sungai sehingga menutup akses jalan.

"Jembatan tersebut ambruk ketika dilintasi mobil dumptruk hino BG 8551 UQ bermuatan pasir sekitar pukul 20.30 Wib," kata Ipda Dian Afrizal mewakili Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, SIK. M.Si, Rabu (26/9) pagi.

Ipda Dian Afrizal menjelaskan, kronologis kejadian, berawal ketika mobil dumptruk hino BG 8551 UQ bermuatan pasir yang dikemudikan Wahono (39) melintasi jembatan. Saat roda depan telah melintas jembatan namun roda belakang langung terjerembab ke dasar sungai.

Jembatan di Cukuh Balak Ambruk, Satu Dumptruck Terjerembab


"Berdasarkan keterangan warga sekitar, jembatan dengan dasar kayu kelapa tersebut memang sudah bunyi jika dilintasi kendaraan sehingga tidak kuat saat dilintasi kendaraan dumptruck tersebut," jelasnya.

Ditambahkan Ipda Dian Afrizal pagi ini direncanakan dumptruck akan di evakuasi dan mengganti dasar jembatan. "Mudah-mudahan hari ini selesai dan jembatan bisa dilintasi kembali," tandas Ipda Dian Afrizal.

Sementara berdasarkan keterangan pengemudi Truck, Wahono yang merupakan warga Padang Cermin Kabupaten Pesawaran, dumptruk bermuatan material pasir dan besi yang akan digunakan membangun Masjid di Pekon Kubu Langka.

"Pasir dan besi dibawa dari Padang Cermin, karena tadi malam tidak memeriksa kondisi jembatan saya langsung melintas, setelah ban depan lewat namun ban belakang terjerembab," ucapnya. (mgd/dbs)
Diberdayakan oleh Blogger.