Diduga Kampanye Pakai Taksi Online, Caleg PKB Diusut Bawaslu Bandar Lampung

KATALAMPUNG.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bandar Lampung menemukan sejumlah kendaraan roda empat yang dipasang stiker salah satu Calon Anggota DPR RI Dapil Lampung 1 Nomor Urut 2 dari Partai Kebangkitan Bangsa atas nama Dr. H. Muhammad Kadafi, S.H.,M.H., diduga mobil-mobil tersebut merupakan mitra dari operator Transportasi Online yang ada di Kota Bandar Lampung.



Diduga Kampanye Pakai Taksi Online, Caleg PKB Diusut Bawaslu Bandar Lampung


Kordiv Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kota Bandar Lampung, Yahnu Wiguno Sanyoto mengatakan untuk sementara ini pihaknya mendapatkan informasi dari Panwaslu Kecamatan. Dimana ada mobilisasi pemasangan stiker di wilayah Kedaton yang dipasang di mobil-mobil mitra Transportasi Online baik itu Grabcar maupun Gocar. Sejauh ini data yang Bawaslu dapatkan ada sekitar 29 mobil yang dipasang stiker tersebut.


"Informasi awal yang kami dapatkan ada 29 mobil yang dipasang stiker atas nama Muhammad Kadafi, namun jajaran Pengawas Pemilu sedang mengumpulkan informasi lainnya terkait dugaan pelanggaran administrasi ini," jelas Yahnu, Jumat (1/2/2019).


Ia juga mengatakan pihaknya sudah melakukan permintaan keterangan kepada operator transportasi online baik itu dari Grab dan Gojek (Gocar) pada hari Kamis  (31/1/2019).


“Data yang kami temukan sudah kami serahkan kepada pihak operator tersebut untuk dikonfirmasi apakah benar sejumlah mobil tersebut merupakan mitra dari pihaknya. Tentunya hal ini jelas melanggar aturan selain membahayakan penumpang/pengendara, keberadaan stiker peserta pemilu yang menutupi kaca angkutan publik/umum juga merupakan kategori dugaan pelanggaran pemilu karena tidak boleh dipasang pada sarana dan prasarana publik sesuai dengan PKPU Nomor 23 Tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum," tambah Yahnu.


Selanjutnya, menurut Yahnu, Bawaslu Kota Bandar Lampung akan meminta keterangan dari pihak terkait yaitu Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung dan Satlantas Polresta Bandar Lampung terkait dengan keberadaan transportasi online yang beroperasi di Bandar Lampung.


Editor: Feri
Diberdayakan oleh Blogger.