Ada Lomba Tumpeng Berbahan Non Beras di HUT ke-10 Kabupaten Pringsewu

KATALAMPUNG.COM - Jika biasanya kita melihat tumpeng dibuat dari nasi. Kali ini, dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Pringsewu yang ke 10, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pringsewu menggelar lomba tumpeng berbahan dasar non beras, Kamis (14/3) pagi di Rest Area Pringsewu.

Ada Lomba Tumpeng Berbahan Non Beras di HUT ke-10 Kabupaten Pringsewu

Kelompok Wanita Tani dari beberapa pekon yang ada di Kabupaten Pringsewu tampil menjadi peserta dengan mengkreasikan tumpeng berbahan non beras ini.

Asisten II Johndrawardi mewakili Bupati Pringsewu sangat mengapresiasi hasil kreasi tumpeng berbahan dasar non beras yang diikuti oleh kelompok wanita tani (KWT) di Pringsewu. 

Dalam kesempatan itu, John didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan 
juga berkeliling mencicipi stand tumpeng yang dibuat semenarik mungkin. 

Ada tumpeng yang dibuat dari bahan olahan singkong seperti oyek, sawut dan juga bahan olahan sayur-sayuran yang diambil dari hasil perkarangan rumah.

"Alhamdulilah hasil kreasi tumpeng dari KWT ini sangat membanggakan dan nantinya ini bisa ditindaklanjutkan dengan home industry," harapnya.
Ada Lomba Tumpeng Berbahan Non Beras di HUT ke-10 Kabupaten Pringsewu

Kemudian, Kadis Ketahan Pangan Kabupaten Pringsewu Ir. Tabrani Mahfi mengatakan tumpeng merupakan suatu tradisi yang sudah biasa dilakukan di masyarakat.

"Lomba tumpeng non beras ini, dalam rangka menggali potensi lokal yang ada di desa masing-masing. Non beras bukan berarti kita mengganti beras dengan singkong. Ini hanya alternatif pengganti karbohidrat," ungkap dia. 

Karena, Dinas Ketahanan Pangan selalu menyosialisasikan kepada masyarakat bagaimana caranya mengirit penggunaan beras, menggantikan beras dengan bahan alternatif lain, digantikan dengan singkong atau umbi-umbian lain yang juga mengandung karbohidrat.

"Selain itu, tumpeng yang dilombakan di sini tentunya tersaji dalam menu makan B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman)" pungkasnya. 

Reporter: Boenga Mandalawangi
Diberdayakan oleh Blogger.