Tingkatkan Kompetensi, Basarnas Lampung Gelar Pelatihan Potensi SAR


Lampung - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung menyelenggarakan pembinaan terhadap potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR) dengan materi pertolongan di permukaan air. Kegiatan yg akan berlangsung 13-18 Maret 2020 ini dibuka secara resmi oleh Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa, di Kantor Basarnas Lampung, Branti, Lampung Selatan, Jumat 13 Maret 2020.


Tingkatkan Kompetensi, Basarnas Lampung Gelar Pelatihan Potensi SAR


Peserta dalam pelatihan potensi SAR ini berjumlah 50 orang, berasal dari instansi dan organisasi berpotensi SAR di Kota Bandar Lampung dan sekitarnya. Pelatihan dilaksanakan di Mako Basarnas Lampung untuk materi kelas, Kolam renang Yonif 143 dan Pantai Duta Wisata untuk sesi praktik.

Direktur Bina Potensi Basarnas I Ketut Parwa, dalam pesannya menjelaskan tujuan dari pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan di permukaan air, sehingga peserta dapat membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu dan terkoordinasi.

“Melalui pelatihan tehnik pertolongan di permukaan air ini saya berharap dapat menghasilkan output peserta yang memiliki kompetensi nyata dan dapat dipertanggungjawabkan, serta memiliki semangat kemanusiaan untuk memberikan pelayanan jasa di bidang SAR seoptimal mungkin.” ujarnya.

Di waktu yg bersamaan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Jumaril, menjelaskan keberadaan Basarnas di tempat wisata Provinsi Lampung baru sebatas pada saat ada event tertentu, dikarenakan jumlah personil dan peralatan yang terbatas.

“Namun untuk jalur koordinasi tetap terjalin terus dengan pihak pengelola wisata sehingga bila terjadi hal emergency Basarnas siap diturunkan, ujarnya.(**)
Diberdayakan oleh Blogger.