Sekdaprov Lampung Hadiri Rakor Pencapaian Target Realisasi APBD Tahun 2020 dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Cuci Tangan serta Jaga Jarak

BANDAR LAMPUNG --- Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menghadiri Rapat Koordinasi Pencapaian Target Realisasi APBD Tahun 2020 dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Cuci Tangan serta Jaga Jarak untuk Perubahan Perilaku Baru Masa Pandemi Covid-19 bersama Kemendagri melalui Virtual Meeting, di Ruang Command Center Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung, Senin (10/08).

Sekdaprov Lampung Hadiri Rakor Pencapaian Target Realisasi APBD Tahun 2020 dan Sosialisasi Penggunaan Masker, Cuci Tangan serta Jaga Jarak


Rapat dihadiri juga oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Kepala Dinas Kesehatan, Plt. Kepala BPBD, Plt. Kepala Dinas Pemdes dan Transmigrasi serta Kepala Dinas Kominfo dan Statistik.

Dijelaskan dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 Tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2020, bahwa dalam penanganan Covid-19, Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, Walikota) diharapkan melakukan edukasi dengan melibatkan unsur Pentahelix ; Pakar, Akademis, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Media, Budayawan, Seniman, Ibu-Ibu PKK, Karang Taruna dan Relawan di Daerah, melakukan sosialisasi tentang adaptasi kebiasaan baru dengan Protokol Kesehatan secara masif menggunakan berbagai moda komunikasi daerah dan membuat konten edukasi dan sosialisasi berbasis kearifan lokal dan budaya masyarakat.

Kolaborasi Pentahelix berbasis komunitas terdiri dari edukasi, sosialisasi dan mitigasi. Dilakukan secara bersama-sama, dengan melibatkan tokoh masyarakat, agama, partai politik hingga ke tingkat RT/RW. Media berperan dalam sosialisasi dan edukasi dengan persentase hingga 63%, melibatkan pakar sosial, antropolog dan sosiolog serta mengedepankan pendekatan berbasis kearifan lokal.

Kepala Daerah memastikan semua masyarakat di daerahnya memakai masker, membuat masker kain dengan melibatkan UMKM dengan standar yang telah ditetapkan, dan membagikan masker kain untuk masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Daerah juga diharapkan dapat membagikan informasi yang benar terkait Covid-19, memastikan sampai pada masyarakat dan masyarakat paham serta menjadikannya kebiasaan baru. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Diberdayakan oleh Blogger.