PWI Lampung Sukses Gelar UKW Angkatan XXII/2021

KATALAMPUNG.COM – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung sukses menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXII/2021. Acara yang dilaksanakan 26-27 Maret 2021 ini diikuti sebanyak 30 orang peserta dan ditutup secara resmi oleh Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat Oktaf Riady.

PWI Lampung Sukses Gelar UKW Angkatan XXII/2021


Menurut Oktaf, tidak seluruh peserta lulus pada UKW, hal ini menandakan bahwa wartawan harus bekerja secara profesional. “Kami tidak bisa meluluskan semua, karena ini profesi terhormat, sama dengan Advokat, dan Dokter.

"Kita dituntut untuk bekerja secara profesional, jangan sampai kita digugat dan dilaporkan ke polisi, karena itulah kita belajar lebih baik menulis," tegasnya.

Ia menambahkan, di PWI sejak zaman Marjiono sampai Ata S. Depari, dari 10 program kerja terdapat 9 program yang memfokuskan pada pendidikan wartawan. Hal ini menjadikan wartawan PWI menjadi wartawan yang terdepan dan unggul dari organisasi lain.

"Bukan berarti kita mengecilkan organisasi yang lain, tapi PWI memang yang terbaik, kemudian juga wartawan kita juga harus terbaik, dari segi penulisan dan lain-lain," terangnya.

Sementara Ketua PRSSNI Banten Cahyono Adi selaku Penguji mengatakan, dari jumlah peserta 30 orang hanya 25 orang saja yang berkompeten. “5 orang peserta yang belum berkompeten berarti ada yang kurang dalam memahami materi dan melaksanakan tugas-tugasnya di lapangan,” ucapnya.

Sedangkan, Sekretaris PWI Lampung, Nizwar, mewakili Ketua PWI Lampung mengatakan, UKW bukan mencari lulus atau tidak lulus, kompeten atau tidak kompeten, tetapi sebagai bukti keyakinan bahwa profesi yang dijalani merupakan yang terbaik.

“Kalau kita memang meyakini ini profesi terbaik bagi kita maka tidak ada lain bahwa kita memang harus meningkatkan kapasitas kita. Agar benar-benar menjadi menjadi wartawan yang bermartabat,” ujar Nizwar pada penutupan UKW ke XXII Provinsi Lampung di Kantor PWI Lampung, Sabtu (27/03).

"Tentunya seiring dengan perkembangan zaman di era digital ini kita tidak melulu dituntut bagaimana untuk menyiarkan, mempublikasikan, menayangkan secepatnya, tapi yang kita butuhkan kualitas pemberitaan," tambahnya.

Selama dua hari ini, kata Nizwar, para penguji sudah melakukan transfer ilmu agar bisa kedepannya para peserta lebih berkualitas.  "Insya Allah ini semua menjadi nilai tambah bagi kawan-kawan," ucapnya.

Saat ditemui,salah satu peserta UKW ke XXII PWI Provinsi tahun 2021, Cholik Dermawan, mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh penguji terutama kepada Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat Oktaf Riady. "Dalam UKW ini saya banyak mendapatkan ilmu yang sangat luar biasa dan pembelajaran yang belum pernah saya pahami," katanya.(***)

Diberdayakan oleh Blogger.