E-Sports Mesuji Siap Jalankan Hasil RAKORNAS 2022

KATALAMPUNG.COM - Pengurus ESI Kabupaten Mesuji beserta jajaran pengurus ESI Provinsi Lampung menghadiri dan menyukseskan Rakornas 2022 dan 2nd Anniversary PB ESI yang dilaksanakan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) di Nusantara Hall Indonesia Conventions Exhibition (ICE), BSD City, Jumat–Minggu (4-6/3/2022).



Rakornas tersebut membahas AD/ART, regulasi, event nasional dan internasional, hingga fokus program esports yang akan dijalankan di tahun 2022.

Program yang disiapkan, seperti event turnamen, akademi esports, penyediaan infrastruktur, dan lisensi serta partnership. Hal ini menjadi tantangan untuk kita semua di Pengurus ESI baik PB ESI, ESI Provinsi dan ESI Kabupaten.

E-sports telah resmi diakui secara resmi sebagai salah satu cabang olahraga oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sejak 2017 dan dinaungi Pengurus Besar E-sport Indonesia (PB ESI).

“Saya tekankan bahwa PB ESI adalah satu satunya cabang olahraga yang menaungi Esport di Indonesia dan kami harapkan kejuaraan dunia Esport di Bali tahun 2022 ini bisa sukses. Esport adalah salah satu dari 14 Cabang Olahraga unggulan Indonesia yang akan menjadi andalan untuk Indonesia berprestasi,” kata Letjen TNI Purn. Marciano Norman Ketua KONI.

Sementara itu, Jendral Pol. Purn. Prof. Budi Gunawan selaku Ketua PB ESI menargetkan sebanyak 5 games lokal di tahun ini harus sudah rilis dan disosialisasikan kepada masyarakat. “Kami sudah merencanakan game publisher dan skema pendanaan game sehingga game esport lokal bisa merajai di dunia Esports.”

Diketahui, Kegiatan Rakornas itu dihadiri Jendral Pol Purn Prof Budi Gunawan SH, M. Si sebagai Ketua Umum PB ESI, Ketua KONI Letjend TNI Purn Marciano Norman, Pembina PB ESI Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Harian PB ESI Komjen Pol Drs Bambang Sunarwibowo SH MHum.

Selain itu, juga dihidiri Letjend TNI Chandra Sukotjo (Pembina PB ESI), Komjen A Budi Revianto, Rafi Ahmad (RANS Entertainment/Duta Esport Indonesia), Diaz Hendropriyono (Staf Khusus Kepresidenan), Atta Halilintar (Duta Esport Indonesia), Hendri Mulyasyam (Dirut Telkom), Frengki (Sekjen PB ESI) dan Ayu Dewi (Duta Esport Indonesia).

Sebelumnya, Asian Games 2018 Esport menyumbangkan 1 emas, Tahun 2019 Sea Games Esport menyumbangkan 2 perak. Selain itu, di PON XX Papua Esport bisa tampil luar biasa sebagai cabor Eksibisi. Untuk itu, adanya Akademi Esport dan pelatihan sertifikasi wasit bisa menjadi jalan untuk Esport bisa mendulang emas dalam kompetisi internasional

“PB ESI bersama asosiasi esport dan badan timnas esport nasional, Indonesia melakukan pemusatan latihan nasional. Dalam pelatnas ini melaksanakan misi jangka pendek, khususnya kita harapkan kita bisa memperoleh medali emas pada SEA Games 2022. Lalu misi jangka panjang sebagai bagian dari pembinaan strategi PB Esport Indonesia guna meningkatkan kompetisi pelatih dan atlet hingga bertaraf internasional,” jelas Ketua Umum PBESI, Jenderal Pol. (P.) Prof. Budi Gunawan didampingi Ketua Harian, Bambang Sunarwibowo.

Dilanjutkan Bambang, e-sports dapat menjadi sumber penghasilan baru anak muda pada era teknologi 4.0. dalam penilaiannya, e-sport adalah gaya baru untuk anak-anak muda sekarang dalam mencari penghasilan. “Dampaknya tidak hanya penghasilan tapi akan membuat perputaran perekonomian dunia maupun nasional,” katanya.

Ekosistem E-Sports saat ini di Indonesia menempatkan peringkat tertinggi yakni ketiga dunia, Indonesia dengan 52 juta tim Game Esports dan 115 juta orang pengguna game Esports serta transaksi keuangan dalam ekosistem Esport yang mencapai 30 triliun rupiah.

Bambang juga menambahkan bahwa dunia e-sports telah membuktikan bahwa para pemuda memiliki alternatif profesi di luar pekerjaan -pekerjaan konvensional. Dengan menjadi gamer profesional, seorang atlet e-sports berpeluang mendapat penghasilan yang menjanjikan.

Pihaknya melalui PB ESI akan membantu para pemuda di Tanah Air untuk mengeluarkan potensi terbaiknya.

Sementara itu, Wakil Ketua Dewan Pembina PB Esports Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan pihaknya optimis Indonesia sukses sebagai tuan rumah IESF Esports World Championship Ke-14 2022.

Event akbar ini rencananya diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia pada 20-27 November 2022 mendatang dan diperkirakan diikuti lebih dari satu juta atlet dari seluruh dunia yang akan mengikuti proses kualifikasi selama tiga bulan. Secara total, lebih dari 100 negara anggota IESF akan mengirimkan perwakilannya ke acara ini.

Menurutnya, sinergi yang telah dibangun menjadi awal dari rangkaian kerja sama positif untuk menaikkan kejayaan esports Indonesia hingga kancah dunia.

IESF Esports World Championship Ke-14 2022 juga selaras dengan program desain besar PB Esports Indonesia yang mencakup pembinaan atlet usia dini dan pelaksanaan kompetisi berjenjang bagi atlet amatir dan profesional esports Indonesia. Indonesia memiliki tak kurang dari 52 juta pemain esports yang siap berpartisipasi di kejuaraan bertaraf internasional.

“Ini sekaligus bentuk dukungan PB Esports Indonesia terhadap program pemerintah untuk meningkatkan sports tourism. Acara ini diyakini dapat menjadi momen emas untuk memperkenalkan potensi Indonesia sebagai destinasi pilihan bagi penyelenggaraan event kelas dunia sekaligus membangkitkan kembali industri pariwisata dan ekonomi Indonesia,” kata Sandiaga yang juga sebagai Menparekraf.

“Lapangan kerja yang tercipta akan banyak. Semoga kita juga biasa juga di Sea Games bahkan hingga Olimpiade,” tandasnya.

Ketua Umum ESI Provinsi Lampung Dr (Can) Iwan Satriawan menyatakan siap meraih juara di kejuaraan Sea Games yang akan datang.

“Kami sebagai pimpinan ESI di daerah siap sukseskan target kejuaraan yang telah disampaikan di Rakornas,” katanya, Sabtu 5 Maret 2022.

Untuk mencapai hal tersebut, ia akan mendidik atlet Esport, khususnya di Provinsi Lampung. “Kami di daerah akan mendidik atlet Esport sebaik mungkin untuk meraih juara di SEA Games nantinya,” tegasnya.

Ketua Harian E-Sport Indonesia Lampung Iqbal Ardiansyah menambahkan untuk meraih juara pihaknya telah melakukan penjaringan calon atlet seluruh cabang olahraga e-sport yang dipertandingkan di 15 kabupaten/kota se Lampung.

“Sejak usai pelantikan pengurus ESI Kabupaten/Kota langsung tancap gas menggelar kompetisi piala bupati dan walikota. Pemenangnya akan mendapat golden tiket dalam kompetisi Piala Gubernur Lampung yang akan berlangsung Maret ini,” ujar Bung Iqbal yang juga Ketua KNPI Bandar Lampung itu.

Sementara itu, Ketua Umum ESI Kabupaten Mesuji, Deden Cahyono menjelaskan bahwa Agenda Keluarga Besar E-Sport di tahun 2022, adalah menyiapkan event esports nasional dan internasional. Turnamen tingkat nasional seperti Liga Esports Provinsi dan Liga Esports Indonesia. Selain gelar turnamen, E-Sports juga menyiapkan akademi Esports yaitu Akademi Garudaku.

“Akademi Garudaku muncul dari cita-cita mulia untuk menciptakan ekosistem esports Indonesia baru yang lebih positif dan edukatif. Dengan semangat kebersamaan dan potensi serta talenta atlet Mesuji yang hebat kita harus bisa,” jelas Ketua Umum ESI Kabupaten Mesuji

Selain event turnamen dan akademi esports, disediakan pula infrastruktur yang mendukung seperti platform esports Garudaku, Kartu Esports Indonesia, hingga Esports Hub yang menjadi pusat aktivitas esports.

Terakhir yaitu Lisensi dan Partnership. PBESI membuka peluang baru para vendor, tim esports, hingga media partner untuk mendaftarkan diri.

Agenda penutupan Rakornas 2022 dan 2nd Anniversary PB ESI dihadiri Ketua Dewan Pembina ESi Panglima TNI Jendral Andika, Anggota Dewan Pembina Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.(***)

Diberdayakan oleh Blogger.