Mahasiswa KKN Universitas Saburai Gelar Pelatihan UMKM

KATALAMPUNG.COM - Mahasiswa KKN Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Kelompok 21 mengadakan kegiatan Pelatihan UMKM dengan topik “Membangun UMKM Subaru Berdaya”. Kegiatan ini diadakan untuk pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Susunan Baru Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Sabtu, 19 Maret 2022.

Mahasiswa KKN Universitas Saburai Gelar Pelatihan UMKM


Kegiatan ini berlangsung secara tatap muka di Kantor Kelurahan Susunan Baru dengan Narasumber Yudastio, S.E, M.Ak dengan Materi Digital Marketing dan E-commerce untuk UMKM, Deviana Sari, S.E., M.S.Ak dengan Materi Pembuatan Laporan Keuangan UMKM, dan Meilinda Safitri, S.E., M.M., dengan Materi Tata Kelola Manajemen UMKM. Ketiga narasumber adalah Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Lampung.

Peserta Kegiatan ini berjumlah 30 orang yang terdiri dari 18 UMKM yang berada di Kelurahan Susunan Baru, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung. Peserta 18 UMKM sudah lama menjalankan usahanya seperti menjual makanan ringan, hampers bucket hadiah, dan kriya kreatif.

Mahasiswa KKN Universitas Saburai Gelar Pelatihan UMKM


Eugene Pratana Nugraha selaku Ketua Kelompok 21 KKN Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai menjelaskan, kegiatan “Membangun UMKM Subaru Berdaya’ ini adalah kegiatan resmi KKN Mahasiswa Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai yang bertujuan untuk membantu pelaku UMKM di Kelurahan Susunan Baru agar lebih dapat mengerti mengenai seluk beluk UMKM khususnya di pemasaran dunia digital dan bisa membuat laporan keuangan usahanya

Menyambut kegiatan positif oleh mahasiswa Universitas Saburai ini, Lurah Susunan Baru, Fajar Muntoni, S.T., mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat diperlukan oleh masyarakat Kelurahan Susunan Baru yang mempunyai usaha agar bisa mengembangkan usahanya dan mendapatkan ilmu bagaimana mengelola usahanya. Beliau berharap agar kedepannya para mahasiswa dapat terus melakukan kegiatan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Fajar.

Sementara itu, dalam pemaparannya, Yudastio, S.E, M.Ak selaku narasumber dan Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok 21 KKN Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai menyampaikan, UMKM di era digital ini haruslah memulai melakukan pemasaran digital.

“Karena dengan pemasaran digital akan menambah luas pasar pemasaran produk sehingga penjualan produk akan bertambah. Dengan pemasaran digital produk yang dijual UMKM akan lebih banyak dikenal lebih luas menjangkau konsumen,” kata Yudastio.

Mahasiswa KKN Universitas Saburai Gelar Pelatihan UMKM


Q Prasetya MS selaku UMKM yang berada di Kelurahan Susunan Baru yang mempunyai usaha bernama Life Project menjual produk kaos kreatif dan jasa lukis pakaian mengatakan sangat berterima kasih atas diadakan kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat berguna bagi kami UMKM di Kelurahan Susunan Baru ini untuk mengembangkan produk kami, serta mengetahui bagaimana harus kami menyusun laporan keuangan usaha kami.”

“Harapan kami semoga kedepannya akan terus banyak kegiatan yang melibatkan UMKM agar UMKM bisa berkembang usahanya,” ucap Prasetya.(yds)

Diberdayakan oleh Blogger.